Penjambret yang beraksi di puluhan lokasi diringkus polisi Pekanbaru

id Jambret di Pekanbaru,jambret pekanbaru,jambret

Penjambret yang beraksi di puluhan lokasi diringkus polisi Pekanbaru

Tiga pelaku penjambretan di puluhan TKP di Kota Pekanbaru diringkus Satreskrim Polresta Pekanbaru. (ANTARA/Annisa Firdausi)

Pekanbaru (ANTARA) - Pelaku jambret berinisial MW, TA, RF yang telah beraksi di puluhan lokasi di wilayah Pekanbaru diringkus Satreskrim Polresta Pekanbaru, Rabu (25/10).

Wakapolresta Pekanbaru AKBP Henky Poerwanto saat pengungkapan kasus, Senin, menjelaskan penangkapan dilakukan usai pihaknya melakukan penyelidikan berdasarkan laporan korban.

Peristiwa pertama terjadi di Jalan Kartama, Kecamatan Marpoyan Damai, Pekanbaru, Sabtu (14/10) lalu. Saat itu korban yang memakai gelang emas dibuntuti oleh pelaku.

"Saat merasa ada kesempatan, para pelaku kemudian merampas emas dari pergelangan tangan korban. Korban mengalami kerugian sekitar Rp12 juta," terang Henky kepada awak media.

Selang beberapa waktu, pelaku kembali beraksi di Jalan Arifin Ahmad dengan modus yang sama dan langsung melarikan diri.

Setelah serangkaian penyelidikan, pihaknya berhasil mengamankan ketiga pelaku. Berdasarkan hasil interogasi, terungkap para pelaku bukanlah pemain baru. MW mengaku telah beraksi di 24 lokasi, RF 25 lokasi dan TA di 8 lokasi.

Dua di antaranya bahkan dihadiahi timah panas oleh petugas lantaran sempat berusaha kabur dan melawan petugas.

"Cukup banyak barang bukti yang kami amankan, di antaranya beberapa handphone dan sepeda motor pelaku. Motifnya ekonomi," lanjutnya.

Akibat perbuatannya, pelaku disangkakan atas pasal 365 KUHP dengan ancaman hukuman sembilan tahun penjara.

Baca juga: Beraksi di enam lokasi, spesialis jambret di Bengkalis dihadiahi timah panas

Baca juga: Dua jambret yang biasa beroperasi di Duri diringkus polisi