Baznas Riau dan Siak panen raya lumbung pangan padi

id Baznas Riau, Baznas Siak, panen raya padi, lumbung pangan padi

Baznas Riau dan Siak panen raya lumbung pangan padi

Baznas Riau dan Siak ketika melihat hasil padi program lumbung pangan di Kecamatan Bungaraya, Siak. ANTARA/HO-Baznas Siak

Siak (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Riau dan Kabupaten Siak melakukan panen raya program zakat lumbung pangan padi di Kampung (Desa) Kemuning Muda, Kecamatan Bungaraya, Kabupaten Siak, yang dikelola oleh mustahik.

"Kami berterima kasih kepada muzaki Provinsi Riau sudah berzakat, semoga muzaki kita semakin berkah rezekinya," kata Wakil Ketua III Baznas Provinsi Riau Mester Hamzah di Siak, Rabu.

Program lumbung pangan ini dilaksanakan pada lahan seluas tiga hektare untuk musim ini yang dikelola oleh 12 mustahik. Hasil panen raya ini mencapai sembilan ton padi dan akan diambil oleh Bank Pangan Baznas Riau setelah menjadi beras.

Mester mengatakan lahan ini akan terus dikelola dengan kontrak selama 5 tahun. "Harapan ke depannya lumbung pangan ini akan tetap berlanjut sampai penerima manfaatnya bisa mandiri tanpa dibantu lagi oleh Baznas," harapnya

Sementara itu Kepala Baznas Kabupaten SiakSamparis bin Tatan menyampaikan program ini bertujuan meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan para mustahik. Selain juga menjadi ketahanan pangan nantinya di Kabupaten Siak.

"Mudah-mudahan program lumbung pangan ini berlanjut kedepannya dengan jumlah mustahik yang lebih banyak lagi dan semoga dengan program ini bisa membuat tentram muzaki dan bahagianya mustahik", ujar Samparis.

Pada kesempatan yang sama, Asisten III Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Siak Rozi Chandra mengatakan panen raya ini merupakan bukti sinergi antara seluruh instrumen dan pemerintah terjalin dengan baik. "Panen raya ini bukan acara seremonial saja tetapi bisa menjadi sentral pangan yang bisa unggul dan memajukan Kabupaten Siak," tuturnya.