Ribuan rokok dan 30 miras ilegal dimusnahkan Lanal Dumai

id Lanal Dumai, Miras Ilegal, Rokok Ilegal,TNI AL Dumai, tni al, posal dumai

Ribuan rokok dan 30 miras ilegal dimusnahkan Lanal Dumai

Pemusnahan barang bukti rokok dan miras ilegal di Mako Lanal Dumai, Senin (22/6).

Dumai (ANTARA) - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Dumai memusnahkan sejumlah barang bukti ilegal hasil tangkapan berupa 30 botol minuman beralkohol berbagai merk dan 500 slove rokok selundupan dari Batam yang diamankan pada Sabtu (20/6).

Komandan Lanal Dumai Kolonel Laut (P) Himawan usai memimpin pemusnahan menjelaskan barang ilegal ini diamankan Anggota Posal(Pos TNI AL)Selatpanjang saat menggelar kegiatan pengamanan di Pelabuhan Penumpang Tanjung Harapan Selatpanjang, Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Posal Selatpanjang dan jajaran Lanal Dumai menyita sembilan koper berisi sekitar 500 slove rokok merek Luffman tanpa cukai dan tiga kotak miras ilegal atau 30 botol asal Batam," Kata Danlanal Kolonel Laut (P)Himawan, Senin (22/6).

Saat kegiatan pengamanan di pelabuhan, petugas menemukan enam koper dicurigai barang ilegal ditaruh di ponton dan 3 koper lain di atas Kapal Ferry MV Batam Jet 3 sedang sandar menurunkan dan menaikkan penumpang tujuan Batam-Selatpanjang-Dumai.

Baca juga: 12 TKI Pulang Lewat Jalur Ilegal Diamankan Lanal Dumai

Setelah dilaksanakan pengecekan terkait pemilik dan isi koper, ditemukan koper berisi rokok non cukai dan miras ilegal tanpa pemilik, kemudian dibawa ke Pos AL Selatpanjang untuk kepentingan proses lebih lanjut.

"Dilakukan pemusnahan barang bukti ilegal ini sudah mendapat persetujuan Panglima Koarmada I berdasarkan telegram diterima," sebut Himawan.

Lanal Dumai dan jajaran, lanjutnya, akan terus melakukan patroli keamanan laut guna mencegah terjadinya kejahatan dan penyelundupan barang barang ilegal melalui perairan, misalnya narkoba, pekerja migran Indonesia dan lainnya.

Baca juga: Tak betah Lockdown di Malaysia, 23 TKI pulang ke Dumai

Baca juga: TNI AL amankan 11 kg sabu dan 63 ribu ekstasi di Perairan Meranti