Tiga kurir sabu 11,6 kg ditangkap Lanal Dumai di Perairan Selinsing

id Lanal dumai, narkoba dumai, bea cukai dumai

Tiga kurir sabu 11,6 kg ditangkap Lanal Dumai di Perairan Selinsing

Komandan Lanal Dumai Kolonel Laut BY Hamel saat memberi keterangan terkait penangkapan 11,66 kilogram sabu di Perairan Selinsing Dumai, Selasa (16/7/24). (ANTARA/Abdul Razak)

Dumai (ANTARA) - Tim Reaksi Cepat Pangkalan TNI AL Dumai dan Tim Penindakan dan Pengawasan Bea Cukai meringkus tiga kurir sabu seberat 11,6 kilogram senilai Rp40 miliar di Perairan Selinsing Dumai, Senin (15/7).

Komandan Lanal Dumai Kolonel Laut Boy Yopi Hamel kepada wartawan mengatakan penggagalan upaya penyelundupan narkoba ini dibantu tim P2 BC dan Satgas lainnya di perairan Selinsing, Kecamatan Medang Kampai.

"Dalam aksi penangkapan itu sempat terjadi pengejaran sengit karena pelaku berusaha kabur. Aparat juga sempat melepaskan tembakan peringatan. Untuk menghentikan pelarian mereka, anggota menabrakkan kapal patroli dan langsung menaiki kapal speed pancung ditumpangi pelaku ini," kata Komandan LanalDumai Kolonel Laut (P) BY Hameldi Mako Lanal Dumai, Selasa.

Dari keterangan tiga kurir berinisial S (41), A (54) dan l (20) merupakan warga Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis, sabu tersebut dijemput dari Linggi Malaysia menggunakan perahu cepat atas suruhan bandar dengan imbalan Rp5 juta per kg untuk S dan A, sedangkan l dibayar Rp1 juta per kg.

Penangkapan tiga kurir sabu dipimpin Komandan Pos AL Tanjung Medang Letda Laut (P) Tuko Wijaya. Tersangka sempat membuang sabu di suatu tempat namun berhasil ditemukan petugas.

"Modus pelaku membawa barang masuk dan diambil melalui Linggi Malaysia untuk dibawa ke darat dan kemudian mendapatkan upah. Apabila sabu telah beredar maka diperkirakan dapat merusak 44 ribu generasi penerus bangsa," demikian Kolonel Laut BY Hamel.

Tiga tersangka dijrat UU 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dan barang bukti diserahkan ke Badan Narkotika Nasional Provinsi Riau untuk proses hukum lebih lanjut.

Sementara, Penyidik BNNP Riau IPTU Musa H Sibarani menyampaikan apresiasi atas komitmen Lanal Dumai membantu upaya pemberantasan dan pencegahan masuknya narkotika lewat perairan.

"Sabu diamankan ini termasuk tangkapan besar dan berkat sinergi Lanal Dumai bersama lintas instansi penegak hukum di perairan berhasil mencegah masuknya narkoba yang diselundupkan melalui pelabuhan kecil di Dumai," kata IPTU Musa di Dumai didampingi Perwakilan BNN Dumai Juliandri Eka Prawira.