Atlet Bengkalis banyak wakili Riau di cabang anggar untuk PON 2024

id koni bengkalis,cabor anggar,atlet anggar bengkalis,kabupate bengkaiis,pon aceh-sumut

Atlet Bengkalis banyak wakili Riau di cabang anggar untuk PON 2024

Atlet anggar Bengkalis melakukan latihan di Stadion utama Riau dalam rangka persiapan PON ke-XXI 2024 di Aceh-Sumut. (ANTARA/)

Bengkalis (ANTARA) - Sebanyak 24 atlet Provinsi Riau pada cabang olahraga (cabor) anggar yang akan bertarung di Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XXI tahun 2024 di Aceh- Sumut didomiasi atlet dari Kabupaten Bengkalis.

"Dari 24 atlet anggar yang menjadi wakil Riau di PON Aceh-Sumut, 20 atlet merupakan asal Kabupaten Bengkalis," ujar Zulfikar pelatih anggar Bengkalis, Kamis.

Dikatakan Zulfikar, untuk persiapan menjelang PON tersebut, 24 atlet melakukan pemusatan latihan atau training camp (TC) di Stadion Utama Riau dan digembleng oleh dua pelatih asal Bengkalis dan satu dari Kabupaten Siak.

"TC berjalan dilaksanakan selama tiga bulan dari April hingga Juli 2024 di Stadion Utama Riau, dan TC penuh satu bulan sampai keberangkatan menjelang PON nantinya," kata Zulfikaryang merupakan peraih emas PON XIX Jabar ini.

Zulfikar yang pernah memperkuat "Merah putih" di Asian Games 2018 tersebut menargetkan 5 medali emas di PON Aceh-Sumut dan target ini sama pada PON ke XIX di Papua. Selain itu 6 atlet Bengkalis yang pernah ikut PON Papua kembali terpilih untuk berlaga di PON Aceh-Sumut.

"Enam atlet yang pernah meriah medali di PON Papua tersebut, Nisa Afrawasih 2 emas (individu dan beregu), M. Fajri 1 emas 1 perak (beregu dan individu), Megawati 1 emas (beregu), M. Fatah Prassetyo 1 perak (beregu), Fauzan Novriansyah perak (beregu) dan M. Zuhdi 1 perak (beregu)," jelasnya lagi.

Sementara itu, Ketua KONI Bengkalis Dharma Firdaus Sitompul mengatakan, 20 atlet anggar yang terpilih untuk berlaga di PON ke-XX Aceh-Sumut merupakan atlet yang lolos pada Pra PON 2023 di Banten dan hal ini membuktikan bahwa Kabupaten Bengkalis memiliki segudang atlet yang berprestasi di sejumlah cabang.

"Tentu dengan didominasinya atlet anggar dari Kabupaten Bengkalis yang menjadi wakil Riau di PON Aceh-Sumut membuktikan pembinaan terhadap olahraga terus berjalan dan menghasilkan atlet-atlet ang berprestasi di sejumlah cabangyang ada," kata Dharma.