115 peserta ikuti Percasi Cup 2023, ini harapan Ketua KONI Bengkalis

id percasi bengkalis,koni bengkais,turnamen catur,bupati bengkais

115 peserta ikuti Percasi Cup 2023, ini harapan Ketua KONI Bengkalis

Sebanyak 115 peserat mengikuti turnamen PErcasi CUP 2023, sebelum lomab dilaksanakan terlebih dahulu diadakan lomba catur simultan antara master nasional Herdian Anwar dengan 20 pecatur Bengkalis. (ANTARA/Alfisnardo)

Bengkalis (ANTARA) - Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kabupaten Bengkalis bersama Dinas Pendidikan mengelar turnamen Percasi CUP 2023 yang diikuti sebanyak 115 peserta dari kalangan pelajar dan kelompok guru se-Kecamatan Bengkalis dan Bantan yang dilaksanakan selama dua hari pada 11-12 September 2023.

Wakil Ketua I KONI Kabupaten Bengkalis Saroni yang hadir saat pembukaan menyampaikan apresiasi atas terlaksananya turnamentersebut. “Tentu saja kita apresiasi karena kegiatan ini memberi dampak positif terhadap perkembangan olah raga catur di Kabupaten Bengkalis,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, Kabupaten Bengkalis meraih juara umum catur pada Porprov X Riau di Kuansing dengan mengoleksi 14 emas, 6 perak dan 3 perunggu. Tentu saja, dengan prestasi yang telah diraih ini, jangan sampai membuat Percasi terlena, melainkan harus makin ditingkatkan.

“Ini jadi PR bagi kepengurusan Percasi yang baru. Minimal gelar juara umum di Provinsi Riau harus kita pertahankan,” katanya.

Saroni mengatakan, salah satunya adalah dengan memperbanyak kompetisi catur untuk menggali bibit-bibit catur serta meningkatkan motivasi para pecatur di Kabupaten Bengkalis.

Hal senada sebelumnya juga disampaikan oleh Ketua Percasi BengkalisAlfakhrurrazy. Melalui kompetisi seperti ini, tidak mustahil akan lahir pecatur-pecatur Kabupaten Bengkalis yang berprestasi tidak hanya tingkat kabupaten dan provinsi, melainkan juga nasional hingga internasional.

Sementara itu, Bupati Bengkalis diwakili Staf Ahli Bupati Johansyah Syafri dalam sambutannya menyampaikan, para atlet catur merupakan orang hebat, karena dalam bermain catur harus memiliki pola pikir yang tinggi. Ia berpesan kepada seluruh peserta untuk senantiasa menumbuhkan rasa kebersamaan, sportivitas, menjunjung tinggi fair play, dan taati seluruh ketentuan serta peraturan pertandingan. Dalam kompetisi, pasti ada menang ada kalah. “Silahkan bertempur dan bertanding habis-habisan. Tapi apapun hasilnya, harus diterima. Persaingan hanya di dalam kejuaraan, di luar kejuaraan kita tetap bersaudara,” pungkasnya.

Sebelum dilanjutkan dengan turnamen, terlebih dahulu diadakan lomba catur simultan antara master nasional Herdian Anwar dengan 20 pecatur Bengkalis. Tampak ikut dalam lomba catur simultan tersebut diantaranya Ketua Percasi Bengkalis Alfakhrurrazy, Sekretaris Dinas Pendidikan Muthu Saily, Kabid Pembinaan SD Disdik Bengkalis Samsudin, Wakil Ketua I KONI Bengkalis Saroni, beberapa pengurus Percasi Bengkalis dan peserta lomba. Dari 20 pecatur ini, 19 pertandingan dimenangkan oleh Herdian, hanya satu yang dimenangkan oleh peserta.