Mendag Zulkifli Hasan resmikan pasar rakyat Palapa di Pekanbaru

id Pemerintah Kota Pekanbaru,pasar rakyat pekanbaru

Mendag Zulkifli Hasan resmikan pasar rakyat Palapa di Pekanbaru

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan saat mengecek ketersediaan dan harga daging sapi potong, setelah meresmikan Pasar Rakyat Palapa Kota Pekanbaru, Riau, Senin (24/6/2024). ANTARA/HO-Humas pemkot Pekanbaru

Pekanbaru (ANTARA) - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan meresmikan Pasar Rakyat Palapa Kota Pekanbaru, Riau, Senin, yang bisa menampung 100 pedagang itu.

"Bersyukur kita, pasar ini bisa menampung 100 pedagang lebih untuk berjualan, dan kepedulian terhadap pasar ini menjadi salah satu program pemerintah untuk masyarakat," kata Zulkifli Hasan, kepada wartawan di Pekanbaru, Senin.

Pada kunjungan Mendag ini, Penjabat Sekdaprov Riau Indra didampingi Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM (Disperindagkop-UKM) Provinsi Riau Taufik OH, Asisten II Setdakot Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut, dan tamu undangan lain.

Menurut Zulkifli, pasar merupakan sarana penting untuk kemajuan ekonomi masyarakat dan pemiliknya harus bisa didapat oleh semua dan setara sebagai tujuan Indonesia merdeka adil bagi seluruh rakyat Indonesia sesuai ekonomi Pancasila.

Artinya, kata Zulkifli Hasan, pemerintah membangun pasar untuk memperluas kepemilikan dan salah satu langkah yang dilakukan yaitu dengan cara mendekatkan pasar kepada masyarakat.

"Kalau keuangan negara cukup, maka setiap kecamatan di Indonesia ini layak mempunyai pasar rakyat minimal satu unit, karena pasar mampu mendekatkan ekonomi kepada rakyat, pasar juga menjadi bagian dari mengembangkan dan melatih usaha mikro kecil menengah (UMKM) di daerah masing-masing," katanya pula.

Setelah meresmikan Pasar Rakyat Palapa Kota Pekanbaru, pada hari yang sama Mendag juga meresmikan Pasar Minggu Kabupaten Rokan Hulu yang menampung 50 pedagang lebih.

Asisten II Sekretariat Daerah Kota (Setdakot) PekanbaruIngot Ahmad Hutasuhut menilai bahwa peresmian pasar Rakyat Palapa Pekanbaru ini menjadi kado indah untuk masyarakat sekitar, sebab Kota Pekanbaru masih dalam suasana peringatan Hari Jadi ke-240 Kota Pekanbaru.

"Menteri Perdagangan tidak salah kalau sering datang ke Pekanbaru, sebab dari 38 provinsi di Indonesia, yang nama ibu kota Pekan hanya Pekanbaru. Jadi genetiknya Pekanbaru ini memang pasar, perdagangan dan jasa," ujar Ingot.

Ia menyebutkan ada pembangunan tahap 2 untuk Pasar Rakyat Palapa Kota Pekanbaru. "Insya Allah kalau anggarannya di bawah Rp6 miliar kami yang membangun, namun kalau lebih tinggi dari angka tersebut maka kami akan lihat layak dan cocok. Kalau sesuai maka kami minta PU yang membangun," katanya lagi.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Mendag Zulkifli Hasan meresmikan pasar rakyat Palapa Pekanbaru