Retribusi parkir khusus Terminal Barang Dumai gunakan uang elektonik

id Parkir Dumai, Terminal Barang Dumai,parkir

Retribusi parkir khusus Terminal Barang Dumai gunakan uang elektonik

Walikota Dumai Paisal resmikan pemakaian sistem e money dalam pembayaran retribusi parkir khusus terminal barang, Rabu. (ANTARA/A Razak)

Dumai (ANTARA) - Sistem pembayaran retribusi parkir khusus Terminal Barang Kota Dumai resmi menerapkan aplikasi uang elektronikatau e moneybekerjasama dengan Bank Riau Kepri dan Bank Mandiri.

Penggunaan e money dalam penarikan retribusi parkir ini resmi diluncurkan Wali Kota Dumai Paisal di Kantor Unit Pelayanan Teknis Perparkiran Dinas Perhubungan Dumai, dan berencana akan menerapkan juga di sejumlah titik parkir pusat keramaian.

Tujuan dari sistem e money ini selain untuk memudahkan pembayaran, juga mencegah kebocoran pendapatan asli daerah melalui non tunai.

"Kita optimis PAD bisa ditingkatkan melalui sistem e money ini karena arus lalu lintas kendaraan barang tiap harinya di Dumai cukup banyak," kata Paisal.

Sistem e money ini akan dilakukan evaluasi rutin untuk melihat kelemahan atau kekurangan agar dapat dibenahi menjadi lebih optimal.

Paisal minta DishubKota Dumai agar selalu memantau pelaksanaan sistem baru ini dan melengkapi segala sarana prasarana pendukung untuk mengoptimalkan PAD sektor parkir.

"Ini langkah kita bersama, dan mari bantu kami untuk memantau, karena pasti ada kelemahan dalam sistem e money ini. Setiap bulan akan dievaluasi untuk dibenahi lebih baik lagi," demikian Walikota Paisal.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Kota Dumai Eko Wardoyo menjelaskan sistem e money dalam penarikan retribusi perparkiran sudah disosialisasi sebelumnya ke semua penyedia jasa angkutan barang, transportir dan lainnya.

Setiap kendaraan angkutan barang nantinya akan dilengkapi dengan kartu e money dikeluarkan BRK dan Bank Mandiri, dan saat memasuki timbangan UPT Perparkiran tidak lagi menyerahkan uang tunai, melainkan non tunai.

"Penarikan tarif parkir khusus di timbangan sudah diatur dalam peraturan daerah. Kita juga nanti akan menyiapkan fasilitas untuk mengisi (top up)e money agar memudahkan supir membayar," kata Eko.

Untuk tahap awal, sistem e money diterapkan di eks Terminal Barang, dan kedepan akan dipasang juga di sejumlah pos retribusi dan cheking di Kelurahan Bukit Timah dan Bukit Kayu Kapur Dumai.