Harga bawang putih hoan alami naik 20 persen di pasar Tembilahan

id Plt kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian inhil,Disdagtrin Inhil, Dhoan Dwi Anggara,harga sembako di tembilahan,PltKepala Disdagtrin Inhil

Harga bawang putih hoan alami naik 20 persen di pasar Tembilahan

Plt Kepala Disdagtrin Inhil, Dhoan Dwi Anggara (ANTARA/Adriah)

Jika stok bagus dan lebih di pasaran, serta distribusi dari daerah produksi lancar maka harga pasaran akan stabil dan cenderung turun, begitu sebaliknya
Indragiri Hilir (ANTARA) - Harga bawang putihhoan mengalami kenaikan di sejumlah pasar tradisional di Kota Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau.

PltKepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagtrin) Inhil, Dhoan Dwi Anggara, Senin, mengatakan bahwa kenaikan sebesar Rp 4000.

“Kenaikan bawang putih hoan sebesar 20 persen. Di akhir pekan lalu harga per kilogramnya Rp 20.000 di awal pekan ini mengalami kenaikan sebesar Rp4000. Sedangkan bawang merah rogan Rp24.000 per kilogram,” sebut Dhoan Dwi Anggara.

Dia mengatakan bahwa kenaikan tersebut terjadi di tingkat pengencer.

Mantan Camat Tembilahan Hulu ini menuturkan hal ini terjadi sesuai dengan hukum pasar yaknisupply and demand.

"Jika stok bagus dan lebih di pasaran, serta distribusi dari daerah produksi lancar maka harga pasaran akan stabil dan cenderung turun, begitu sebaliknya," ujarnya.

Sementara itu, untuk harga daging sapi Rp130.000 per kilogram, daging ayam ras Rp30.000 per kilogram, daging ayam kampung Rp85.000 per kilogram.

“Sedangkan untuk telur ayam kampung di harga Rp62.500 per kilogram dan telur ayam ras Rp29.000 per kilogram,” sebutnya.

Mantan Camat Tembilahan Hulu ini juga mengatakan untuk harga cabai merah besar dan cabai merah keriting Rp25.000 per kilogram, cabai rawit merah Rp30.000 per kilogram sedangkan cabai rawit hijau Rp28.000 per kilogram.

“Sedangkan untuk gula curah kemasan plastik Rp13.000 per kilogram, minyak goreng curah dan minyak goreng kemasan sederhana Rp13.000,” tukasnya.

Baca juga: Polres Siak sita 16 ton bawang merah ilegal akan dijual ke Pasar Arengka

Baca juga: 1.155 karung bawang merah ilegal dimusnahkan