Dumai Terima DIPA Rp7,1 Miliar

id dumai terima, dipa rp71 miliar

Dumai, Riau, (ANTARARIAU News) - Pemerintah Kota (Pemkot) Dumai, Provinsi Riau menerima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun Anggaran 2012 dari Pemerintah Pusat sebesar Rp7.195.210.000. Angka ini meningkat dari tahun sebelumnya hanya sebesar Rp4,1 miliar.

Penyerahan DIPA diterima langsung Walikota Dumai Khairul Anwar dari Gubernur Riau Rusli Zainal, Jumat (23/12) lalu. Pelaksanaan penyerahan DIPA dilakukan di Kota Pekanbaru, dan dihadiri juga seluruh kepala daerah di wilayah Provinsi Riau.

Menurut Khairul, terjadinya peningkatan penerimaan DIPA di wilayah pemerintahannya karena adanya penambahan DIPA Provinsi Riau sebesar Rp 3 triliun dari sebelumnya Rp 11, 5 triliun menjadi Rp 14,6 triliun. DIPA Provinsi Riau sebelumnya telah diterima Gubri dari Presiden RI SBY di Jakarta.

"Kenaikan penerimaan DIPA Dumai tahun anggaran 2012 merupakan buah manis dari kerja keras dan kerjasama seluruh satuan kerja dan dukungan masyarakat. Kita harus pergunakan dana ini dengan sebaik-baiknya dan penuh tanggung jawab," katanya.

Ia juga memastikan akan menggunakan anggaran APBN ini untuk kepentingan percepatan pemerataan pembangunan daerah di segala bidang, sesuai dengan program prioritas yang tertuang didalam rencana pembangunan jangka menengah.

Ia menjelaskan, kucuran alokasi dana pembangunan dari pemerintah pusat tersebut akan digunakan untuk pembangunan infrastruktur daerah. Penggunaan akan dialokasikan pada anggaran 4 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), yaitu, Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan sebesar Rp1,2 miliar.

Kemudian, Dinas Kesehatan sebesar Rp820 juta, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi sebanyak Rp1,8 miliar dan Dinas Pekerjaan Umum sebesar Rp3,2 miliar.

Dirinya berharap, SKPD yang dipercayakan menggunakan anggaran ini agar tidak terjadi tumpang tindih dengan kegiatan yang bersumberkan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Dumai.

Supaya akuntabilitas pengelolaan kucuran dana pusat ini terjamin tepat dan benar, hendaknya instansi terkait melakukan koordinasi dengan Kementerian atau Lembaga Negara terkait.

Terhadap peningkatan DIPA ini, Wako menilai besarnya perhatian pusat ke daerah untuk menggesa peninkatan pembangunan. Pemkot Dumai akan bekerja keras dan berkomitmen menyelenggarakan pemerintahan secara terbuka dan bersih dengan pencapaian tepat sasaran dan terarah.