Dua Korban Kapal Tenggelam di Bengkalis Diselamatkan Warga

id basarnas pekanbaru,kapal tenggelam bengkalis,kapal tenggelam

Petugas kepolisian air mendata kru kapal pengangkut semen yang karam Bengkalis, saat sudah selamat di Kota Dumai, Riau, Minggu (27/1/2019). (ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid)

Pekanbaru (Antaranews Riau) - Dua korban kapal tenggelam berhasil diselamatkan oleh warga di Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, dalam kondisi hidup, Minggu.

“Dua orang korban kapal tenggelam ditemukan oleh warga. Kedua-duanya selamat,” kata Humas Basarnas Pekanbaru, Kukuh Widodo.

Korban yang ditemukan oleh warga adalah kru dari kapal tenggelam. Identitasnya antara lain bernama Bahtiar yang merupakan masinis III, dan Budi Santoso kru bagian oiler. Keduanya diselamatkan oleh warga ketika terombang-ambil di laut dekat Desa Tanjung Leban Kecamatan Bukit Batu, Bengkalis.

Kukuh mengatakan masih ada satu kru kapal yang hingga Minggu petang belum ditemukan. Korban bernama Dasril. “Dasril adalah kru kamar mesin,” ujarnya.

Baca juga: Tiga Orang Hilang Dalam Kapal Tenggelam di Bengkalis

Sebelumnya, kapal Kargo DBS 02 dengan muatan 700 ton semen PT Semen padang ilaporkan tenggelam sekitar pukul 22.00 WIB, Sabtu malam (26/1). Kapal itu membawa 10 penumpang, terdiri dari sembilan kru dan satu orang saudara kru yang ikut berlayar.

700 ton Semen Padang berangkat dari Dermaga PT Semen Padang di Kawasan Industri Lubuk Gaung Dumai Kecamatan Sungai Sembilan, dengan 1 kapten dan 9 kru kapal menuju Tanjung Balai Karimun Provinsi Kepulauan Riau pada Sabtu (26/1) siang, dan dilaporkan tenggelam sekitar pukul 22.00 WIB.

Kepala Basarnas Pekanbaru Gede Darmada mengatakan, kapal tenggelam akibat hantaman ombak setinggi 2 hingga 3 meter dengan kecepatan angin sekira 20 hingga 30 Knot, dan tujuh anak buah kapal langsung menyelamatkan diri dengan meloncat dan menaiki perahu karet.

Baca juga: Tujuh Korban Selamat dari Kapal Tenggelam Sudah Dijemput Agen

Kepala Basarnas Pekanbaru Gede Darmada mengatakan, kapal tenggelam akibat hantaman ombak setinggi 2 hingga 3 meter dengan kecepatan angin sekira 20 hingga 30 Knot, dan tujuh anak buah kapal langsung menyelamatkan diri dengan meloncat dan menaiki perahu karet.

"Pencarian dan evakuasi korban tenggelam dengan mengerahkan Kapal Reschue Boat 218, dan tujuh kru kapal sudah diselamatkan dan dibawa ke pelabuhan pokala, kemudian dijemput pihak agen," kata Gede Darmada di atas KN 218 Basarnas Pekanbaru kepada wartawan di Dumai.

Berikut ini daftar nama-nama korban yang sudah ditemukan dalam kondisi selamat. Fujianto (mualim 1), Hardiana Adi jaya (mualim II), Iwan (ABK), Ismial (saudara kru).

Kemudian kapten kapal Haris, Mulidi Saputra Pasaribu (ABK), dan Wiyo (Masinis III), Bahtiar (Masinis III), Budi Santoso (oiler).

Korban belum ditemukan adalah Dasril, kru kamar mesin.

Baca juga: Izin Berlayar Kapal Penabrak Jembatan Barelang Batam Dicabut, ini Alasannya

Baca juga: Kapal Tanker Masih "Nyangkut" di Jembatan Barelang Batam, ini penampakannya


Pewarta :
Editor: Febrianto Budi Anggoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar