Kepala Basarnas RI cek kesiapan personel dan alat di Kantor SAR Pekanbaru

id Marsdya TNI Kusworo ,Kantor SAR Pekanbaru

Kepala Basarnas RI cek kesiapan personel dan alat di Kantor SAR Pekanbaru

Kunjungan Kepala Basarnas RI Marsdya TNI Kusworo saat kunjungan kerja ke Kantor SAR Pekanbaru (ANTARA/Annisa Firdausi)

Pekanbaru (ANTARA) - Kepala Basarnas RI Marsdya TNI Kusworo melakukan kunjungan kerja ke Kantor SAR Pekanbaru untuk memastikan kesiapan personel dan peralatan untuk memberikan pertolongan di berbagai kejadian, Jumat.

Kepala Kantor SAR Pekanbaru Budi Cahyadi dalam kesempatan memaparkan sepanjang 2024 pihaknya telah turun di 29 kejadian.

"Dengan rincian kecelakaan kapal sebanyak sembilan kejadian, kondisi membahayakan manusia 16 dan bencana empat kejadian," paparnya.

Lanjut Budi, dalam puluhan kejadian tersebut sebanyak 21 meninggal dunia sedangkan selamat 625 orang.

Selain itu Budi juga menyebutkan tantangan yang dihadapi pihaknya seperti wilayah kerja yang luas, jumlah SDM yang terbatas dan jumlah sarana serta alat utama.

"Namun di balik tantangan tersebut kami juga melakukan berbagai upaya seperti pemberdayaan masyarakat dan pemanfaatan teknologi," ujarnya.

Marsdya TNI Kusworo menyebutkan Pekanbaru berdekatan dengan Sumatera Barat yang sering terjadi bencana alam seperti erupsi gunung dan banjir, maka kesiapan personel dan peralatan harus selalu diperhatikan.

"Saya sudah mendapatkan laporan bahwa di sini cukup tinggi bencana hidrometeorologi seperti banjir. Namun Alhamdulillah dalam kejadian ini yang meninggal dunia relatif sangat sedikit. Ini salah satu kesiapan dan kesigapan personel Basarnas di Pekanbaru," tutur Kusworo.

Selain itu ia juga memuji Kantor SAR Pekanbaru yang memiliki potensi SAR atau sukarelawan terlatih dengan jumlah yang banyak.

"Kita harus selalu mempersilahkan kondisi terburuk, namun juga berdoa untuk kondisi terbaik," pungkasnya.