Disbun: Inhil Mampu Produksi 61.325 ton Kelapa Hibrida Pertahun

id disbun inhil, mampu produksi, 61325 ton, kelapa hibrida pertahun

Disbun: Inhil Mampu Produksi 61.325 ton Kelapa Hibrida Pertahun

Tembilahan, (Antarariau.com) - Dinas Perkebunan Kabupaten Indragiri Hilir menebutkan bahwa daerah itu mampu memproduksi kelapa hibrida sebanyak 61.325 ton pertahun dengan luas lahan 37.388 hektar.

"Perkebunan merupakan sub sektor dari pertanian yang paling banyak memberikan kontribusi terhadap perekonomian di Kabupaten Indragiri Hilir baik dalam hal nilai tambah maupun penyerapan tenaga kerja," kata Sekretaris Dinas Perkebunan Kabupaten Indragiri Hilir Ramdani di Tembilahan, Senin.

Ia mengatakan terdapat dua komoditas tanaman perkebunan yang selalu dominan di Indragiri Hilir, yaitu kelapa dalam dan kelapa sawit. Produksi sawit pertahunnya dapat mencapai 704.346 ton.

Dia menyatakan bahwa sektor perkebunan merupakan salah satu tulang punggung perekonomian Kabupaten Indragiri Hilir yang terdiri dari berbagai komoditas diantaranya yaitu kelapa lokal, hibrida, pinang, coklat, karet dan kopi.

Dengan berbagai potensi tersebut membuat Kabupaten Indragiri Hilir tercatat sebagai salah satu daerah kelapa terbesar di dunia bahkan bahkan dijuluki sebagai "Tanah Hamparan Kelapa Dunia".

"Potensi lahan untuk pengembangan komoditas perkebunan di Indragiri Hilir seluas 722.806 hektar dan telah dimanfaat sekitar 600.691 hektar," katanya. (ADV)