Legislator Inhil dukung pembangunan 372 Km trio tata air

id Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Inhil, Junaidi, kebun kelapa inhil, dinas perkebunan inhil, disbun inhil,berita riau antara,berita riau terbaru

Legislator Inhil dukung pembangunan 372 Km trio tata air

Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Inhil, Junaidi. (ANTARA/Adriah)

Indragiri Hilir (ANTARA) - Pembangunan 372 Km trio tata air yang akan dilakukan di tahun 2020 mendapatkan dukungan penuh dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil).

Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Inhil, Junaidi, Selasa mengatakan jika pembangunan tersebut tuntas maka akan ada 9.300 hektare kebun masyarakat yang rusak akibat intrupsi air laut akan terselamatkan.

"Hampir 75 persen masyarakat Inhil menggantungkan mata pencarian dari berkebun kelapa. Tentu program ini sangat bermanfaat bagi masyarakat kita," kata Ketua Komisi II DPRD Inhil,Amd Junaidi, di Tembilahan.

Junaidi mengungkapkan Komisi II mensupport program swakelola pembangunan trio tata air dengan jaminan minyak yang konstan dan benar sesuai aturan penggunaan bahan bakar minyak (BBM) untuk alat berat.

Ini, lanjutnya bertujuan agar kegiatan tersebut benar-benar sesuai aturan dan terjamin ketersediaan BBM secara legal.

"Kita sudah bertemu dengan Pertamina Cabang Riau di Pekanbaru, dimana pihaknya siap menyuplai BBM sesuai kebutuhan, penyaluran ini sipatnya legal sebagaimana permintaan," ujar Politisi Golkar Inhil ini.

Dengan adanya dukungan dari Pertamina Cabang Riau ini,lanjutnya diharapkan alat berat yang bekerja dilapangan tidak terkendala lagi. Sehingga apa yang diprogramkan dapat berjalan lancar.

Saat ini, tinggal bagaimana Dinas Perkebunan Inhil untuk menindaklanjutinya. Apalagi regulasi dan pendanaan juga sudah jelas, hendaknya tidak usah menunggu lagi, karena masyatakat sudah lama berharap kebun mereka bisa berbuah normal.

"Kita berharap Dinas Perkebunan Inhil segera berkonsentrasi penuh agar program ini dapat terlaksana dgn baik. Apalagi Bupati Inhil sudah ingatkan kalau ini adalah program utama yang haris dilaksanakan," tukasnya.

Baca juga: Kadisbun Inhil Tinjau Pembangunan Trio Tata Air

Baca juga: Disbun: Selamatkan Kebun Kelapa Rakyat Dengan Trio Tata Air