Pengunjung capai 692 orang BBPOM di Pekanbaru, juara I stand favorit

id Pekanbaru, BBPOM

Pengunjung capai 692 orang BBPOM di Pekanbaru, juara I stand favorit

Yudha Agus Pranata Barutu, S.TP petugas jaga stand BBPOM mengedukasi pengunjung tentang produk ilegal dan legal di arena Pekanbaru Raya Fair & Expo 2022, digelar di pusat perbelanjaan Living World di Pekanbaru, sejak 15-19 Juni 2022. Pada puncak acara BBPOM di Pekanbaru diumumkan Minggu (19/6) meraih penghargaan sebagai Juara 1 Stand Favorite. (ANTARAFrislidia)

Pekanbaru (ANTARA) - Sebanyak 692 pengunjung mendatangi stand Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) di Pekanbaru, di arena Pekanbaru Raya Fair & Expo 2022 yang dibuka di pusat perbelanjaan Living World di Pekanbaru, pada 15-19 Juni 2022.

"Dari 692 pengunjung itu, dominan menanyakan tentang cara membedakan antara produk legal dengan ilegal, berikutnya cara registrasi produk pangan khususnya registrasi produk Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT)," kata Yudha Agus Pranata Barutupetugas jaga stanBBPOM kepada Antara di Living World di Pekanbaru, Minggu.

Yudha mengatakan, untuk melayani dan menjawab pertanyaan pengunjung terkait produk legal dan ilegal, BBPOM di Pekanbaru juga memasang displayproduk tersebut.

Sedangkan untuk pengunjung menyebutkan diberikan aksi seru yakni bagi yang berhasil memasukkan tiga dari empat gelang rotan ke dalam botol akan diberikan hadiah.

"Setiap hari stan BBPOM Pekanbaru dipadati pengunjung, mulai dari pelajar SD yang melakukan tur edukasi hingga SLTA bahkan mahasiswa dan masyarakat antusias ingin mengetahui perbedaan produk ilegal dan legal. Untuk menjawab pertanyaan pengunjung, kami juga dibantu Duta Jamu Aman dan Duta Kosmetik Aman setiap hari di stan," katanya.

Baca juga: Edukasi milenial soal kosmetika aman, BBPOM di Pekanbaru hadirkan 30 duta kosmetik

Para Duta Jamu dan Duta Kosmetik Aman tersebut berasal dari pelajar SLTA dan mahasiswa dari Perguruan Tinggi se Kota Pekanbaru yang sebelumnya mereka telah dilatih tentang obat tradisional pada 18-19 Mei 2022 dan pelatihan tentang kosmetik pada 24-25 Mei 2022.

Para duta BBPOM tersebut bertugas mengedukasi masyarakat tentang obat dan makanan yang aman untuk dikonsumsi. Ada banyak informasi di stanini dan masyarakat diajak untuk menjadi Konsumen Cerdas dengan cara Cek KLIK (Cek Kemasan, Label, Izin Edar dan Kedaluwarsa).

"Untuk di Kota Pekanbaru saat ini sudah memiliki 30 Duta Jamu Aman dan 30 Duta Kosmetik Aman, mereka siap diturunkan untuk mengedukasi masyarakat tentang jamu dan kosmetik yang aman dan sehat," kata Yudha yang merupakan Pengawas Farmasi dan Makanan Ahli Pertama BBPOM di Pekanbaru itu.

Pada puncak acara kegiatan tersebut BBPOM di Pekanbaru telah diumumkan meraih penghargaan sebagai Juara 1 Stand Favorite Pekanbaru Raya Fair and Expo 2022.

Baca juga: BBPOM Pekanbaru musnahkan 1275 arsip untuk tingkatkan pengawasan