BBPOM uji keamanan pangan pasar di Rokan Hilir

id bbpom,bbpom di pekanbaru, bbpom pekanbaru,balai besar pom

BBPOM uji keamanan pangan pasar di Rokan Hilir

Petugas BBPOM sedang melakukan uji terhadap sampel makanan di Pasar Datuk Rubiah di Kabupaten Rokan Hilir. (ANTARA/HO-BBPOM)

Pekanbaru (ANTARA) - Balai Besar POM di Pekanbaru bersama bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Rokan Hilir melakukan pemeriksaan secara acak (sampling) dan pengujian makanan di Pasar Datuk Rubiah dalam rangka intervensi pasar pangan berbasis komunitas, Kamis (9/6).

Tujuan kegiatan tersebut yaitu untuk memberdayakan petugas pengelola pasar agar dapat melakukan pengawasan terhadap bahan pangan maupun produk pangan yang diduga mengandung bahan berbahaya di pasar yang dikelolanya

Petugas kemudian mengambil data hasil pengawasan di setiap pasar percontohan sebagai bahan untuk evaluasi dan tindak lanjut implementasi program.

Jumlah sampel yang diuji di Pasar Datuk Rubiah tersebut sebanyak 100 sampel dimana 95 sampel untuk menguji empat bahan kimia berbahaya (formalin, boraks, rhodamin B dan metanyl yellow), serta lima sampel untuk menguji mikrobiologi yaitu E.Coli dan Coliform.

Baca juga: BBPOM di Pekanbaru uji keamanan pangan di Inhu dan Dumai

Di waktu yang bersamaan BBPOM di Pekanbaru juga melakukan bimbingan teknis (bimtek) terhadap petugas pengelola pasar Kabupaten Rokan Hilir serta asosiasi pedagang Pasar Datuk Rubiah.

Kepala BBPOM di Pekanbaru Yosef Dwi Irwan mengatakanBimtek tersebut bertujuan untuk melatih pengelola pasar agar dapat melakukan pengawasan terhadap bahan pangan maupun produk pangan yang diduga mengandung bahan berbahaya di pasar yang dikelolanya melalui pengambilan contoh dan uji menggunakan test kit(alat tes)

Kemudian, lanjutnya, meningkatkan partisipasi pengelola pasar dalam menerapkan cara peredaran pangan olahan yang baik di pasar rakyat.

Selain itu, petugas juga melatih pengelola pasar untuk membuat pelaporan hasil pengawasan.

Diharapkan, melalui bimtek tersebut Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir dapat secara mandiri melakukan replikasi pasar pangan aman berbasis komunitas untuk seluruh pasar di wilayahnya.

Baca juga: BBPOM di Pekanbaru ungkap cara produksi pangan olahan berkualitas

Baca juga: Edukasi milenial soal kosmetika aman, BBPOM di Pekanbaru hadirkan 30 duta kosmetik