Tiga penumpang bus Pekanbaru-Jawa diturunkan lantaran belum vaksin COVID-19

id Penumpang bus pekanbaru diturunkan, penumoang bus, penumpang

Tiga penumpang bus Pekanbaru-Jawa diturunkan lantaran belum vaksin COVID-19

Petugas saat mendata calon penumpang bus yang belum melakukan vaksinasi COVID-19 di terminal Bandar Raya Payung Sekaki. (ANTARA/tangkapan layar)

Pekanbaru (ANTARA) - Tiga penumpang bus di Terminal Bandar Raya Payung Sekaki Pekanbaru dengan tujuan Pulau Jawa, Selasa, terpaksa diturunkan petugas karena tidak bisa menunjukkan bukti vaksin COVID-19.

Tiga penumpang diturunkan petugas Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah IV Provinsi Riau dan Kepulauan Riau (Kepri) karena belum melakukan vaksinasi sehingga dinilai belum bisa melakukan perjalanan.

Penumpang tersebut selanjutnya diarahkan oleh petugas untuk divaksin terlebih dahulu sebelum diperbolehkan melanjutkan perjalanan.

Kepala BPTD Wilayah IV Riau dan Kepri Ardono mengaku pihaknya rutin melakukan pemantauan di sejumlah titik sebagai bentuk program nasional dari pemerintah dalam memantau pergerakan orang selama akhir tahun ini.

“Kegiatan hari ini rutin berkeliling ke terminal sebagaimana program nasional harus bisa divaksin semua,” tuturnyadi Pekanbaru, Selasa.

Ardono menambahkan, petugas yang mendata akan menanyakan penumpang yang telah melakukan vaksin atau belum.

“Kita melakukan pendataan dan menanyakan penumpang yang sudah atau belum divaksin agar lebih jelas,” jelasnya.

Baca juga: Pekanbaru buka tiga posko vaksin bagi lansia, ini lokasinya

Ardono menjelaskan pengecekan ini dilakukan disebabkan salah satu syarat penumpang yang melakukan perjalanan selama perayaan Natal dan tahun baru yakni wajib telah divaksin COVID-19.

“Syarat perjalanan selama Natru adalah kapasitas penumpang maksimal 75 persen, kemudian vaksin dua kali dan hasil rapid antigen negatif,” ungkapnya.

Ardono juga berharap langkah ini dapat memaksimalkan capaian vaksinasi sebagaimana program dari pemerintah.

“Jadi ini mendukung program pemerintah untuk memaksimalkan vaksinasi,” tutupnya.

Baca juga: Riau dirikan sembilan posko penjagaan pergerakan orang jelang libur akhir tahun