Inspiratif, polisi di Meranti ini sulap motor dinas jadi perpustakaan keliling

id Sulap motor dinas jadi perpustakaan,Polisi inspiratif,polsek rangsang, polisi meranti

Inspiratif, polisi di Meranti ini sulap motor dinas jadi perpustakaan keliling

Bhabinkamtibmas Desa Sendaur, Polsek Rangsang, Birigadir Khairi membawa motor dinasnya yang dimodifikasi menjadi perpustakaan mini keliling untuk anak-anak desa di Kabupaten Kepulauan Meranti. (ANTARA/HO-Polres Meranti)

Selatpanjang (ANTARA) - Sangat inspiratif yang dilakukan seorang polisi yang bertugas di Polsek Rangsang, Kepulauan Meranti, Riau ini. Dia menyulap motor dinas menjadi perpustakaan mini keliling sebagai upaya mencerdaskan dan meningkatkan minat baca anak di desa.

Adalah Brigadir Khairi, Bhabinkamtibmas Desa Sendaur, Kecamatan Rangsang Pesisir. Ia memanfaatkan sepeda motornya untuk membantu anak-anak di desa binaan agar bisa mengakses perpustakaan.

Khairi sendiri yang memodifikasi motor dinasnya sebagai perpustakaan keliling dengan memasang sebuah kotak besar di belakang motor. Kotak itu kemudian diisi berbagai buku bacaan seperti buku cerita anak, buku pelajaran dan lainnya yang diambil dari perpustakaan desa setempat.

"Ini saya lakukan semata-mata untuk meningkatkan pendidikan anak-anak terutama yang berada di pelosok. Saya tidak ingin ada anak di daerah ini kesulitan untuk membaca, apalagi karena kurangnya sarana buku bacaan," kata Khairi kepada ANTARA, Ahad (5/12).

Khairi berkeliling menjangkau anak-anak di desa pada waktu luang atau tidak sibuk dengan tugasnya sebagai pengayom dan pelindung masyarakat.

"Saat saya tidak sibuk dan melihat ada anak-anak yang berkumpul, saya langsung singgah dan mengajak mereka untuk membaca buku-buku yang saya bawa," sambungnya.

Kedatangannya pun disambut dengan ceria oleh anak-anak karena di tengah situasi pandemi COVID-19, Khairi juga mengedukasi pentingnya protokol kesehatan. Dia bahkan membagikan masker sebelum kegiatan baca-baca buku dimulai.

"Alhamdulillah antusiasme anak-anak juga cukup tinggi. Terutama siswa SD yang kelas rendah seperti kelas satu, dua dan tiga karena mereka merasa penasaran dengan koleksi buku-buku yang saya bawa," sebut Khairi.

Upaya yang dilakukan Brigadir Khairi ini mendapat respon positif dari Kepala Desa Sendaur, Ardianto Sthi MM. Dia mengapresiasi upaya yang dilakukan Brigadir Khairi dalam meningkatkan minat baca anak-anak di desa tersebut.

"Tentu kami sangat mendukung dan support apa yang dilakukan oleh Brigadir Khairi, karena selain menjaga kamtibmas juga berinisiatif untuk mencerdaskan anak bangsa dan ini bukti kepeduliannya dalam meningkatkan mutu pendidikan," kata Ardianto.

Apresiasi juga datang dari Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Andi Yul Lapawesean Tenri Guling. Kata Andi, yang dilakukan oleh Brigadir Khairi merupakan ide kreatif dan terobosan sebagai upaya mendekatkan Polri dengan masyarakat.

Karena selain melakukan tugas menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) lanjutnya, dalam hal ini Bhabinkamtibmas juga ikut berperan mencerdaskan anak bangsa walaupun dengan pola dan cara yang sangat sederhana.

"Apa yang dilakukan oleh Brigadir Khairi ini hendaknya menjadi contoh bagi personel yang lain," mata Kapolres Andi.

Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2021