Indonesia minta dukungan Republik Dominika untuk pencalonan sebagai anggota IMO

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara,Republik Domonika

Indonesia minta dukungan Republik Dominika untuk pencalonan sebagai anggota IMO

Duta Besar RI untuk Kuba merangkap Republik Dominika Nana Yuliana bertemu Dubes Dominika untuk Kuba Flavio Rondon pada Senin (5/4/2021). Dubes RI meminta dukungan untuk pencalonan Indonesia sebagai anggota Dewan Organisasi Maritim Internasional (IMO) kategori C periode 2022–2023. (ANTARA/HO-KBRI Havana)

Jakarta (ANTARA) - Duta Besar RI untuk Kuba merangkap Republik Dominika Nana Yuliana saat bertemu Dubes Dominika untuk Kuba Flavio Rondon meminta dukungan untuk pencalonan Indonesia sebagai anggota Dewan Organisasi Maritim Internasional (IMO) kategori C periode 2022–2023.

Pada kesempatan itu, Dubes Nana menyampaikan apresiasi atas usaha saling dukung antara Indonesia dan Republik Dominika di berbagai pencalonan di organisasi internasional, demikian disampaikan dalam keterangan KBRI Havana yang diterima di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Indonesia tunjukkan peran negara kepulauan terbesar di dunia dalam sidang IMO

Dalam pertemuan yang berlangsung pada Senin (5/4) itu, Dubes Rondon mengucapkan selamat kepada Dubes Nana yang telah menyampaikan surat kepercayaan kepada Presiden Kuba pada 5 Januari 2021 yang lalu.

Dubes Nana menyebutkan bahwa arah kebijakan Indonesia saat ini yang diselaraskan dengan visi dan misi KBRI Havana ditekankan di bidang politik melalui usaha saling dukung di fora internasional, promosi pariwisata, perdagangan dan investasi, hubungan antarmasyarakat, serta perlindungan WNI.

Di bidang hubungan antarmasyarakat, dia menawarkan berbagai tawaran pelatihan dan diklat bagi warga Dominika, diantaranya adalah diklat internasional bagi diplomat senior.

Selain itu, Nana juga menyampaikan tawaran pelatihan di bidang kemaritiman serta perikanan.

Menanggapi berbagai tawaran pelatihan, diklat maupun beasiswa itu, Dubes Rondon menyatakan tertarik karena kedua negara memiliki geografi yang sama sehingga dapat bertukar pandangan serta pengetahuan dan teknologi di berbagai bidang.

Dubes Nana pun menyampaikan apresiasi atas penerimaan dan berbagai informasi yang telah disampaikan oleh Dubes Rondon dalam pertemuan tersebut.

Indonesia berharap kerja sama dan koordinasi dengan Dominika kedepannya dapat terus ditingkatkan ke arah yang lebih baik.

Baca juga: Perlu kerja sama dengan komponen bangsa untuk wujudkan poros maritim dunia

Baca juga: China sedang bangun kapal patroli maritim berbobot 10.000 ton, mampu angkut berbagai tipe helikopter


Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Pewarta :
Editor: Vienty Kumala
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar