Tiga pasang calon mendaftar di Pilkada Siak, selanjutnya pemeriksaan kesehatan

id pilkada siak,KPU siak,pilkada,berita riau antara,berita riau terbaru

Tiga pasang calon mendaftar di Pilkada Siak, selanjutnya pemeriksaan kesehatan

Suasana pendaftaran calon Pilkada Siak.(ANTARA/Bayu Agustari Adha)

SIAK, (ANTARA) - Sebanyak tiga pasangan mendaftarkan diri sebagai bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati ke Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Siak untuk bertarung pada Pemilihan Kepala Daerah 9 Desember mendatang.

"Hari ini yang sudah diterima pendaftarannya Alfedri-Husni Merza pagi, pukul 14.00 Arif Fadillah-Sujarwo, dan pukul 15.45 Sayyed Abubakar Assegaf-Reni," kata Ketua KPU Siak, Ahmad Rizal, Jumat.

Selanjutnya KPU Siak memberikan surat pengantar pemeriksaan kesehatan agar calon ini diperiksa jasmani rohani dan bebas penyalahgunaan narkoba. Itu dilakukan pada Minggu dan Senin (6-7/9) di Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad, Pekanbaru.

Sementara untuk keterangan bebas COVID-19 para bakal calon telah menyertakan itu terlebih dahulu. Semuanya kata Rizal semuanya negatif dari pemeriksaan tes usap (swab) COVID-19.

KPU Siak menerima pendaftaran di dalam Kantor KPU Suak, Komplek Sungai Betung dengan sejumlah tim berada di dalam. Di Halaman Kantor itu didirikan dua tenda yang diisi juga oleh petugas KPU, puluhan rombongan pengusung, dan petugas keamanan.

Tampak juga sejumlah awak media dan Organiaasi Masyarakat. Sementara di luar halaman Kantor KPU terlihat ratusan massa pendukung yang dibatasi masuk oleh personel kepolisian.

Pada Pilkada Siak ini tiga pasangan yang telah mendaftar tersebut mengunci seluruh jumlah kursi di DPRD setempat. Pasangan Alfedri-Husni dimana calon bupatinya adalah petahana bertarung dengan 16 kursi.

Rinciannya tujuh dari Partai Amanat Nasional dan Partai Kebangkitan Bangsa tiga. Kemudian masing-masing dua dari Partai Persatuan Pembangunan, Partai Hati Nurani Rakyat, dan Partai Nasdem.

Sementara pasangan lainnya Arif Fadillah-Sujarwo juga dengan perahu 16 kursi. Ketiganya dari Partai Golongan Karya delapan kursi serta masing-masing empat dari Partai Gerakan Indonesia Raya dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.

Terakhir pasangan Sayyed Abubakar Assegaf-Reni memakai delapan kursi dari Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera. Keduanya sama-sama punya empat kursi sehingga memenuhi syarat minimal mengusung calon yakni delapan.

Baca juga: Pendaftaran calon Pilkada di KPU Siak, 115 personel kepolisian diturunkan

Baca juga: Beda dengan Gubri, Wagubri Edi Natar dukung Alfedri-Husni di Pilkada Siak

Baca juga: Pimpinan Parpol Riau deklarasikan Alfredri-Husni untuk Pilkada Siak

Baca juga: Pilkada Siak, deklarasi Alfedri-Husni dihadiri Arwin, Edy Natar, dan Jon Erizal