Rutan Dumai Difasilitasi Sanggar Seni

id rutan dumai, difasilitasi sanggar seni

Dumai, 2/2 (ANTARA) - Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kota Dumai, Riau, difasilitasi dengan berbagai perlengkapan pelatihan kerja termasuk sangar seni yang bebas dimanfaatkan oleh para tahanan kapan saja.

Kepala Rutan Dumai, Maizar, kepada ANTARA di Dumai, Rabu, mengatakan, selain sanggar seni, sejumlah fasilitas lainnya termasuk bengkel otomotif dan alat kerajinan tangan juga disiapkan bagi narapidana Rutan Dumai.

Pengembangan fasilitas yang dilakukan pihaknya tersebut tidak lain untuk memberikan para tahanan bekal mereka ketika usai menjalankan masa tahanan.

Selain itu, terang dia, pengambangan fasilitas yang dilakukan melalui beragam kegiatan tersebut juga diharapkan dapat memberikan suasana segar dalam hotel prodeo.

"Selama ini semua kalangan berpandangan Rutan adalah tempat yang mengerikan. Di Dumai, citra itu kita hilangkan karena tahanan di Rutan Dumai adalah tahanan yang penuh dengan kreatifitas," paparnya.

Disamping untuk merangsang keahlian, papar Meizar, melalui kegitan ini para penghuni Rutan juga bisa menghilangkan kejenuhan mereka dengan memanfaatkan sarana dan fasilitas pelatihan keterampilan yang telah dipersiapkan.

"Pengembangan fasilitas ini tidak terjadi di semua Rutan yang ada di Indonesia. Ini adalah inisiatif dan inovasi masing-masing Rutan." ringkasnya.

Pantauan ANTARA di Rutan Dumai, sejumlah tahanan tampak asik dengan berbagai kegiatan seni dan pelatihan kerja.

Seperti yang dilakukan Pardi (34). Pria yang di tahan akibat kasus narkotika ini bersama beberapa tahanan lainnya tampak disibukkan dengan kegiatan memperbaiki mesin kendaraan yang rusak.

"Kita menganggap kegiatan ini posisitf dan sebagai tahanan kami menjadi dan merasa diperhatikan kembali oleh lingkungan luar Rutan," paparnya.