Disnaker Dumai Surati Buruh Gelar Kegiatan Mayday 2019 Kondusif

id mayday dumai,disnaker dumai,hari buruh 2019,berita riau antara,berita riau terbaru

Disnaker Dumai Surati Buruh Gelar Kegiatan Mayday 2019 Kondusif

Sejumlah buruh beristirahat makan siang di bawah konstruksi jembatan di proyek Jalan Tol Pekanbaru-Dumai, Provinsi Riau, Selasa (30/4/2019). (ANTARA FOTO/FB Anggoro/19.)

Dumai (ANTARA) - Organisasi perburuhan di Kota Dumai, Provinsi Riau, berencana memperingati Hari Buruh Sedunia pada Rabu 1 Mai 2019 atau Mayday dengan menggelar berbagai kegiatan di sejumlah perusahaan dan badan usaha milik negara.

Sekretaris Dinas Tenaga Kerja Kota Dumai Muhammad Fadli menyebut, pemerintah sudah menyurati perusahaan dan BUMD BUMN agar melaporkan kegiatan yang dilaksanakan dalam memperingati Mayday.

"Buruh di sejumlah perusahaan membuat sendiri kegiatan memperingati hari buruh, seperti olahraga, orasi dan sosialisasi serta aksi sosial," kata Fadli, Selasa.

Dalam surat edaran ituDisnaker Dumai meminta agar organisasi perburuhan dan perusahaan agar dalam pelaksanaan kegiatan peringayan Mayday dapat menjaga kondisi aman nyaman dan kondusif.

Sejumlah kegiatan terlapor ke Disnaker, di antaranya, serikat pekerja PT Pertamina RU II membuat sosialisasi, silaturahmi dan penyerahan santunan anak yatim keluarga pekerja, olahraga bersama PT Bumi Karyatama Raharja.

Kegiatan terlapor lain, Koperasi TKBM Pelabuhan Dumai mengadakan gerak jalan santai, doorprise dan hiburan, kemudian aksi demo menuntut hak buruh pekerjaan ampas, pipanisasi dan kenaikan tarif 2019.

"Kita harap seluruh kegiatan hari buruh ini dapat berlangsung aman nyaman dan kondusif, dan beberapa agenda sudah ada yang berjalan di perusahaan masing masing," sebutnya.

Diberitakan, Wakil Presiden Jusuf Kalla mengimbau para buruh untuk tertib dan tidak menghambat lalu lintas ketika mengikuti acara peringatan Hari Buruh atau May Day yang akan digelar Rabu (1/5).

"Pasti harus tertib. Besok libur, jadi agak bebas sedikit. Mau (turun) ke jalan silakan, tapi jangan menghambat jalannya lalu lintas," kata Wapres Kalla di Istana Wakil Presiden Jakarta, Selasa (30/4).

Baca juga: Jelang Hari Buruh Dunia, Ini Tuntutan FPR Riau Untuk Pemerintah

Baca juga: Hari Buruh Dilakukan dengan Kegiatan Positif, Disnaker Dumai Mengapresiasi