Ribuan Warga Inhil Hadiri Haul Syekh Abdurrahman Siddiq

id ribuan warga, inhil hadiri, haul syekh, abdurrahman siddiq

Ribuan Warga Inhil Hadiri Haul Syekh Abdurrahman Siddiq

Tembilahan, (Antarariau.com) - Ribuan umat muslim yang berada di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Provinsi Riau secara bergantian menghadiri acara Haul Syekh Abdurrahman Siddiq yang dilaksanakan di Kampung Hidayat, Desa Teluk Dalam, Kecamatan Kuala Indragiri.

"Haul ini rutin kita laksanakan dan ini merupakan Haul yang ke-78," kata Bupati Indragiri Hilir Muhammad Wardan, di Desa Teluk Dalam, Rabu.

Dia mengatakan Syekh Abdurrahman Siddiq merupakan salah seorang ulama yang berasal dari etnis Banjar dan telah dikenal diberbagai pelosok negeri bahkan sampai ke Kota Mekkah.

"Beliau ini pernah menjadi tenaga pengajar di Masjidil Haram, dan muridnya tersebar hingga ke Singapura, Malaysia dan Kalimantan," ujarnya.

Dia menyampaikan bahwa karya-karya yang dimiliki oleh Syekh Abdurrahman Siddiq ini sangatlah dan sebagai umat muslim tentunya kita harus dapat mengembangkan serta menyerap dan menerapkan ilmu-ilmu yang telah ditinggalkan olehnya.

Dia berharap dengan banyaknya umat muslimin yang berdoa saat haul ini, semoga Allah SWT dapat mengabulkan doa-doa yang telah dipanjatkan dan membuat Negeri Seribu Parit terus diberikan Rahmat dan Hidayahnya.

"Dengan Haul ini, kita berdoa kepada Allah SWT, agar daerah kita ini selalu mendapat berkah dan rahmat dari Allah SWT," ucapnya.

Syekh Abdurrahman Siddiq bin Muhammad Afif bin Mahmud bin Jamaluddin Al-Banjari lahir di Martapura, Kalimantan Selatan tahun 1857,ia kemudian meninggal di Sapat, Inhil, Riau pada 10 Maret 1930, saat berusia umur 72 tahun.

Acara haul ini tidak hanya dihadiri oleh warga Kecamatan Kuala Indragiri saja, namun hampir seluruh masyarakat Inhil yang terdiri dari 20 kecamatan ikut berpartisipasi menghadiri acara ini.

Salah seorang warga yang berasal dari Kecamatan Kateman, Juhadi mengatakan bahwa dirinya bersama keluarga telah sampai di lokasi kegiatan sehari sebelum acara dimulai.

"Kami sudah berada disini sejak Selasa," katanya.

Menurut dia Haul ini merupakan hal yang sangat penting, disamping mengenang ulama terdahulu, dirinya juga dapat mengambil hikmah dari ceramah yang diselenggarakan oleh panitia.

Penceramah haul kali ini adalah Syekh Al-Yamani yang berasal dari Yaman. (Adv)