Legislator: Pekanbaru Matangkan Persiapan Pembentukan LPA

id legislator pekanbaru, matangkan persiapan, pembentukan lpa

Legislator: Pekanbaru Matangkan Persiapan Pembentukan LPA

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Anggota DPRD Kota Pekanbaru, Roem Diani Dewi, SE MM mengatakan, sejumlah pengurus inti, yang akan dikukuhkan pada 25 Februari 2015, terus mematangkan persiapan pembentukan Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kota Pekanbaru.

"Berbagai persiapan yang akan diselesaikan tersebut mulai dari rencana pendaftaran organisasi sosial itu di Kantor Kesbangpol Pekanbaru, menyelesaikan anggaran dasar, dan anggaran rumah tangga, menetapkan pengurus, menyiapkan kantor sekretariat, serta menyiapkan kegiatan pembekalan," kata Roem Diani Dewi di Pekanbaru, Senin.

Menurut Roem ketika memimpin rapat persiapan pembentukan LPA tersebut, pembekalan bagi pengurus LPA akan diisi oleh para pemateri dari Komnas Perlindungan Anak, di antaranya Arist Merdeka Sirait, psikolog, pemateri dari Kanwil Mehukum dan HAM Riau, serta dari kepolisian.

Ia mengatakan, pembekalan diberikan setelah pengurus dikukuhkan oleh Ketua LPA Provinsi Riau, Ester Yuliani, sebagai landasan bagi pengurus agar bisa mengelola LPA ini dengan baik.

"Oleh karena itu, panitia inti, sudah menyiapkan proposal kegiatan untuk disampaikan ke Wali Kota Pekanbaru, Firdaus agar mendapat dukungan secara materil dan moril sehingga pengukuhan dan pembekalan bisa terlaksana dengan baik,"katanya.

Ia memandang bahwa keberadaan sebuah LPA di Pekanbaru sangat dibutuhkan terkait Kota Pekanbaru tercatat sebagai salah satu kota yang rawan terjadinya kasus-kasus kejahatan dan kekerasan terhadap anak.

Jika tidak diantisipasi sejak dini, katanya lagi, maka diyakini kasus-kasus tersebut akan terus meningkat, tercatat pada tahun 2013 kasus kejahatan terhadap anak dilapor sebanyak 15 kasus, tahun 2014 sebanyak 50 kasus.