Kantor Pos Pekanbaru Dibanjiri Pelamar CPNS

id kantor pos, pekanbaru dibanjiri, pelamar cpns

Kantor Pos Pekanbaru Dibanjiri Pelamar CPNS

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Kantor Pos Pekanbaru, Riau, yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman, terpantau dibanjiri ratusan pelamar calon pegawai negeri sipil yang hendak mengirim berkas lamaran untuk formasi yang dituju.

"Setelah sebelumnya mendaftar lewan online, hari ini dimulai penyerahan berkas asli," kata Fitra (25), seorang pelamar CPNS saat ditemui di Kantor Pos Pekanbaru, Jumat (3/10).

Fitra datang ke Kantor Pos bersama sejumlah rekan yang sama-sama tamatan Universitas Riau untuk melamar menjadi CPNS di sejumlah wilayah kabupaten/kota.

"Format penerimaan CPNS kali ini lebih baik dibandingkan tahun sebelum-sebelumnya yang masih manual. Kali ini kecurangan dapat diminimalisasi," katanya.

Ardianto (26), pelamar CPNS lainnya, saat ditemui di tempat yang sama mengatakan telah dua kali mengadu nasib untuk menjadi PNS di Pemerintah Provinsi Riau.

"Saya melamar untuk Dinas Perhubungan. Ini yang kedua kalinya, sebelumnya gagal," kata dia.

Managemen Kantor Pos Pekabaru membuka loket pengiriman berkas dokumen CPNS sejak pukul 07.30 WIB dan telah mulai dipadati oleh puluhan orang pelamar.

Memasuki pukul 09.00 WIB, antrean semakin panjang dan telah mencapai ratusan orang pelamar.

"Kami akan membuka loket pengiriman berkas sampai nanti pukul 17.00 WIB," kata petugas Kantor Pos.

Pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk Provinsi Riau dilaporkan telah menembus angka lebih dari 14 ribu orang dan didominasi oleh pelamar lewat pendaftaran online.

"Untuk yang mendaftar lewat online ada sebanyak 13.303 orang. Jumlah ini jauh meningkat dibanding satu hari sebelumnya yang masih mencapai 11 ribu orang," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau, Muhammad Guntur.

Ia menjelaskan, untuk pelamar yang mengirimkan berkas lamaran menggunakan jasa Pos ada sebanyak 3.245 berkas dibandingkan sehari lalu yang masih 1.645 berkas.

Menurut dia, kemungkinan jumlah pelamar lewat dua jalur itu akan terus meningkat sampai akhir pembukaan penerimaan lamaran CPNS.

Guntur mengatakan, untuk pendaftaran CPNS diperpanjang satu hari, mengingat setelah berkoordinasi dengan pihak Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), masa pendaftaran CPNS selama 14 hari kerja jatuh pada 4 Oktober, terhitung jam kerja.

Maka kemudian, kata dia, diputuskan pembukaan penerimaan lamaran diperpanjangan yang seharusnya berakhir pada 3 Oktober menjadi 4 Oktober sesuai dengan keputusan KemenPAN-RB.