Kantor Pos Pekanbaru imbau pekerja penerima BSU ambil jatahnya

id Kantor pos pekanbaru, bpjs, bsu pekanbaru

Kantor Pos Pekanbaru imbau pekerja penerima BSU ambil jatahnya

Kantor Pos Cabang Utama Pekanbaru. (ANTARA/dok)

Pekanbaru (ANTARA) - Kantor Pos Cabang Utama Pekanbaru telah menyalurkan bantuan subsidi upah atau BSU kepada 33.859 pekerja atau 27,82 persen dari total 120.859 pekerja yang menjadi sasaran program bantuan pemerintah tersebut di Provinsi Riau.

"Olehnya, kami meminta para pekerja yang telah terdaftar agar segera mengambil bantuan itu," kataExecutive General Manager Kantor Pos Cabang Utama Pekanbaru Teddy Kurniawan, Rabu.

Ia mengatakan penyaluran BSU di Provinsi Riau dimulai pada Rabu (2/11) dan ditargetkan selesai dalam dua pekan semenjak dimulainya penyaluran bantuan tersebut.

"Kami harapkan penyaluran BSU pada pekan kedua ini bisa selesai dilakukan kepada penerima karena lebih cepat lebih baik," kata dia.

Teddy menjelaskan, penyaluran BSUdilakukan menggunakan dua mekanisme. Pekerja bisa datang langsung ke kantor pos untuk mengambil bantuan atau petugas Kantor Pos datang ke tempat penerima bekerja untuk menyampaikanbantuan.

"Tentunya dalam penyaluran BSU ini kami berkoordinasi dengan pemda, BPJamsostek, dan perusahaan dimana penerima bekerja untuk menginformasikan bahwa pekerjanya bisa mengambil BSU di Kantor Pos atau mau dibayarkan di perusahaan jika jumlahnya banyak', sebutnya.

Guna mengoptimalkan penyaluran BSU, Teddy mengatakan, semua cabang Kantor Pos di Riau akan buka hingga pukul 18.00 WIB, sementara Kantor Cabang Utama Pekanbaru dibuka hingga pukul 21.00 WIB.

"Kita buka pelayanan lebih lama dari biasanya agar pekerja yang pulang sore bisa mengambil BSU di Kantor Pos. Bahkan pada Sabtu dan Minggu juga kami buka pelayanan bagi penerima BSU," kata dia.

Ia menyebutkan bahwa sampai sekarang belum ada kendala berarti dalam kegiatan penyaluran BSU kepada pekerja.

"Jadi masyarakat bisa melihat nama terdaftar atau tidak sebagai penerima BSU dari website Kemenaker atau melalui aplikasi pospay, bila terdaftar bisa langsung datang ke Kantor Pos untuk mengambil BSU," kata Teddy.

Pemerintah memberikan BSU kepada pekerja yang memenuhi syarat untuk menjaga daya beli pekerja pada masa harga barang naik akibat kenaikan harga bahan bakar minyak.

Bantuan subsidi upah Rp600.000 diberikan kepada pekerja dengan gaji maksimal Rp3,5 juta per bulan atau setara dengan upah minimum provinsi dan/atau kabupaten/kota yang dibulatkan ke atas hingga ratusan ribu penuh.

Bantuan tersebut hanya diberikan kepada pekerja warga negara Indonesia selain pegawai negeri sipil dan/atau anggota TNI dan Polri yang terdaftar sebagai peserta aktif program jaminan sosial ketenagakerjaan yang dijalankan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan setidaknya hingga Juli 2022.