Begini cara pekerja cairkan BSU di Riau

id BSU Riau, kantor pos riau

Begini cara pekerja cairkan BSU di Riau

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah (kanan) berbincang dengan warga penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU) saat kunjungan kerja di Kantor Pos, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (9/11/2022). (ANTARA/Fakhri Hermansyah)

Pekanbaru (ANTARA) - Kantor Pos Cabang Utama Pekanbaru telah menyalurkan bantuan subsidi upah atau BSU kepada 33.859 pekerja atau 27,82 persen dari total 120.859 pekerja yang menjadi sasaran program bantuan pemerintah tersebut di Provinsi Riau.

Executive General Manager Kantor Pos Cabang Utama Pekanbaru Teddy Kurniawan, di Pekanbaru, Rabu, mengatakan penyaluran BSU di Provinsi Riau dimulai pada Rabu (2/11) dan ditargetkan selesai dalam dua pekan semenjak dimulainya penyaluran bantuan tersebut.

Berikut cara penerima BSU mencairkan dana;

1. Penerima BSU mengunduh aplikasi Pospay di Play Store atau App Store untuk memastikan telah terdaftar sebagai penerima bantuan.

2. Masukkan Nnomor Iduk Keluarga (NIK), lalu akan muncul QR Code.

3. Apabila tidak muncul QR Code berarti tidak terdaftar sebagai penerima BSU.

4. Pekerja yang telah mendapatkan QR Code di aplikasi Pospay kemudian membawa kode tersebut ke kantor pos terdekat untuk mencairkan bantuan Rp600 ribu.

5. Harus membawa KTP asli saat datang ke kantor pos.

"Kami harapkan penyaluran BSU pada pekan kedua ini bisa selesai dilakukan kepada penerima karena lebih cepat lebih baik," kata dia.

Guna mengoptimalkan penyaluran BSU, Teddy mengatakan, semua cabang Kantor Pos di Riau akan buka hingga pukul 18.00 WIB, sementara Kantor Cabang Utama Pekanbaru dibuka hingga pukul 21.00 WIB.

Bantuan subsidi upah Rp600.000 diberikan kepada pekerja dengan gaji maksimal Rp3,5 juta per bulan atau setara dengan upah minimum provinsi dan/atau kabupaten/kota yang dibulatkan ke atas hingga ratusan ribu penuh.