Imigrasi Selatpanjang bentuk forum humas, ini tujuannya

id Imigrasi Selatpanjang ,Kopdar kehumasan Imigrasi

Imigrasi Selatpanjang bentuk forum humas, ini tujuannya

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kepulauan Meranti, Safrizal didampingi Kasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian (Tikim) Yuris Wibowo Susanto, Sekretaris Dinas Kominfotik Amat Syafii, Kasubag Prokopim Setdakab Saputra Warisa menyampaikan beberapa hal dalam kegiatan Kopdar Humas di Ballroom Grand Meranti Hotel, Selatpanjang, Rabu (7/2/2024). (ANTARA/Rahmat Santoso)

Selatpanjang (ANTARA) - Imigrasi Kelas II TPI Selatpanjang menggagas pembentukan Forum Hubungan Masyarakat (Humas) Kabupaten Kepulauan Meranti, untuk memudahkan penyebaran informasi ke publik.

Forum yang berisi seluruh humas dari semua instansi di Kepulauan Meranti ini terbentuk dalam kegiatan Kopdar Humas di Selatpanjang, Rabu.

Sekdakab Kepulauan Meranti Bambang Suprianto sangat mengapresiasi kegiatan yang digagas pihak Imigrasi Selatpanjang. Dia mengatakan kegiatan serupa sejalan dengan rencana program rutin pemda, yaitu coffee morning dengan semua pihak.

"Kegiatan ini kami hargai dan hormati. Di Pemda, akhir 2023 lalu sudah ada kegiatan coffee morning, rencananya ini rutin kami gelar. Konsep sama dengan kegiatan ini," ujar Bambang sembari membuka kegiatan tersebut.

Ia mengakui hingga saat ini belum ada forum kehumasan yang dibentuk di Kepulauan Meranti. Padahal, kata dia, jika ada forum kehumasan maka akan lebih mudah dan maksimal dalam hal penyebaran informasi publik ke tengah-tengah masyarakat.

"Mereka lebih dahulu memahami tupoksi terkait pelayanan publik, kami apresiasi itu. Di sini memang ada forum kehumasan terbentuk. Nanti setelah ini nanti, adakan lagi pertemuan serupa, pemda yang bikin," ucap Bambang lagi.

Di tempat yang sama, Kasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian (Tikim)Yuris Wibowo Susanto sekaligus moderator dalam kegiatan tersebut menyampaikan bahwa kegiatan dilaksanakan dalam rangka mendorong optimalisasi peran-peran pemangku kehumasan pada dinas dan satuan kerja di Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Kegiatan ini bertujuan untuk menjalin komunikasi dan pertukaran informasi serta mendukung tugas pokok dan fungsi kehumasan di era digitalisasi. Oleh karena itu peran dan fungsi kehumasan diharapkan dapat meningkatkan citra dan reputasi positif organisasi di mata publik," ucapnya.

Sementara itu, Plh Kepala Imigrasi Kelas II TPI Selatpanjang Saiful berharap kegiatan yang diinisiasi oleh pihaknya ini agar dapat diimplementasikan ke instansi masing-masing.

Dia menuturkan bahwa Kopdarkehumasan dilaksanakan dalam upaya pengembangan potensi diri dan silahturahmi serta berbagi informasi seputar dunia kehumasan.

"Humas merupakan ujung tombak pergerakan sebuah organisasi, wajah dari sebuah transparansi dan merupakan wadah inspirasi. Peran dan fungsi kehumasan diharapkan dapat menjadi corong informasi bagi masyarakat dalam rangka peningkatan citra dan reputasi baik instansi," kata Saiful.

Adapun peserta pada kegiatan tersebut berasal dari pejabat struktural pemangku tusi kehumasan dan admin/pengelola media sosial, pada seluruh OPD.

Sedangkan sebagai narasumber Sekretaris Dinas Kominfotik Kepulauan Meranti Amat Syafii, Kasubag Prokopim Setdakab Kepulauan Meranti Saputra Warisa dan Ketua PWI Kepulauan Meranti Safrizal.