Kolaborasi dengan Kemenkes RI, APRIL group berikan 800 alat kesehatan untuk Puskesmas

id April group ,Kementrian kesehatan,rapp,april

Kolaborasi dengan Kemenkes RI, APRIL group berikan 800 alat kesehatan untuk Puskesmas

Penyerahan alat kesehatan dini oleh APRIL group kepada puskesmas di tiga kabupaten di Riau, yaitu Pelalawan, Siak dan Kuansing. (ANTARA/Annisa Firdausi)

Pelalawan (ANTARA) - APRIL group menyediakan 800 unit alat kesehatan dini untuk 30 puskesmas di tiga kabupaten yang berdekatan dengan kegiatan wilayahoperasionalnya, yaitu Pelalawan, Siak dan Kuantan Singingi.

Alat kesehatan yang disediakan terdiri dari 21 jenis, yaitu alat USG 2D, EKG, doppler, infant warmer, antropometri, dan alat kesehatan lainnya.

Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara APRIL group dengan Kementerian Kesehatan RI. Kerja sama ini tertuang dalam nota kesepahaman antara keduanya, di Puskesmas Pangkalan Kerinci II Berkilau, Kabupaten Pelalawan, Selasa.

Penandatanganan tersebut disaksikan Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin, Gubernur Riau Syamsuar dan perwakilan pemerintah di tiga kabupaten, serta manajemen APRIL Group.

Selain itu APRIL juga berkolaborasi dengan pemerintah dan pihak terkait lainnya dalam pemberian dukungan pelatihan untuk penggunaan alat kepada tenaga kesehatan.

"Komitmen kami ialah meningkatkan akses masyarakat terhadap layanan kesehatan, yang juga ambil bagian untuk mengurangi stunting," sebut Direktur Utama RAPP, Sihol Aritonang.

Pihaknya yakin, fasilitas masyarakat yang berkualitas akan menjadi pondasi pertumbuhan masyarakat yang juga baik.

Kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan standar pelayanan minimal (SPM) kesehatan bagi masyarakat, khususnya kesehatan ibu hamil dan anak balita, remaja, usia produktif dan lansia.

Bertujuan pula mendorong deteksi dini dan percepatan rujukan di tingkat pelayanan kesehatan primer melalui pendekatan siklus hidup.

"Dengan mendukung transformasi pelayanan kesehatan di tingkat puskesmas, diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar dalam hal deteksi dini penyakit dan percepatan rujukan, terutama untuk kesehatan ibu hamil dan anak balita sehingga dapat meminimalisir stunting," lanjutnya.

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin dalam kesempatannya mengapresiasi upaya APRIL dan berpesan tak berhenti dapat terus menyediakan alat kesehatan untuk kepentingan masyarakat.

"Melalui upaya ini, kami harap dapat memperkuat aksesibilitas fasilitas kesehatan di tingkat pelayanan kesehatan primer, khususnya di Riau,” harap Budi.