3 hektare karhutla di Rohil teratasi setelah dua hari pemadaman

id Karhutla di Riau ,Sinaboi,karhutla rohil, karhutla terbaru

3 hektare karhutla di Rohil teratasi setelah dua hari pemadaman

Tim gabungan saat upaya pemadaman Karhutla di Sinaboi, Rohil . (ANTARA/Ho-Polres Rokan Hilir)

Rokan Hilir (ANTARA) - Usai dua hari melakukan pemadaman, kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) seluas 3 hektare di Kecamatan Sinaboi, Rokan Hilir (Rohil) akhirnya berhasil diatasi oleh tim gabungan setempat.

Kepala Polres Rohil AKBP Andrian Pramudianto saat dikonfirmasi, Senin, menyebutkan karhutla pertama kali terdeteksi dari aplikasi Dashboard Lancang Kuning yang dimonitor oleh personelnya, pada Kamis (27/4).

Pihaknya segera berkoordinasi dengan Dandim 0321/Rohil Letkol (Inf)Muhammad Erfani untuk mengerahkan personel ke lokasi karhutla di wilayah Sinaboi.

"Awalnya karhutla terpantau Kamis lalu. Akhirnya dengan sinergi antara personel Polres Rohil dan Kodim 0321/Rohil, 3 hektare Karhutla di Sinaboi dapat teratasi dalam dua hari," sebutnya kepada ANTARA melalui telepon.

Usai mengetahui hal tersebut, tim gabungan langsung berjibaku memadamkan api dan membuahkan hasil yang baik.

Adapun jumlah anggota yang diturunkan dalam upaya pemadaman berjumlah sekitar 20 orang. Tak hanya TNI dan Polri, masyarakat pun turut andil untuk memastikan api padam dan tak menyebar lebih luas.

Diterangkan Andrian, wilayah Sinaboi sendiri memang masih memiliki semak yang cukup luas. Selain itu lokasi yang lumayan jauh juga menyulitkan petugas saat pemadaman.

"Tim mengalami kendala lantaran lokasi kebakaran yang cukup jauh. Baik akses menuju ke lokasi maupun sumber air cukup jauh," pungkas Andrian.

Baca juga: Danrem Wira Bima turun berjibaku padamkan karhutla di Rupat

Baca juga: Mengetuk pintu langit atasi karhutla di Provinsi Riau