RZ "Kebanjiran" Tamu Lebaran di Tahanan KPK

id rz kebanjiran, tamu lebaran, di tahanan kpk

RZ "Kebanjiran" Tamu Lebaran di Tahanan KPK

Pekanbaru, (antarariau.com) - Pamor Gubernur Riau Rusli Zainal belum meredup bagi banyak orang meski kini menjadi tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), ditandai dengan dengan puluhan tamu dan kerabat mendatangi pria yang akrab disapa RZ itu ditahanan KPK di bilangan Kuningan, Jakarta.

Sejak pagi pada Lebaran hari kedua, Jumat, puluhan tamu dan kerabat berdatangan ke tahanan KPK untuk bersilaturahim dengan orang nomor satu di Riau itu. Salah satunya adalah Sekretaris DPRD Provinsi Riau, Zulkarnain Kadir, yang rela menempuh perjalanan pulang pergi Pekanbaru-Jakarta dalam setengah hari untuk "sungkem" Lebaran dengan RZ.

"Saya sendiri saja, berangkat pagi ke Jakarta dan siang langsung kembali lagi ke Pekanbaru," kata Zulkarnain Kadir ketika dihubungi Antara dari Pekanbaru.

Ia mengatakan, selama dua jam berkesempatan bersilaturahim dengan RZ pada pukul 09.00 hingga 11.00 WIB. Di dalam tahanan juga terlihat sejumlah pejabat seperti Kepala Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Riau Joni Irwan beserta isteri, Ibu Gubernur Riau Septina Primawati, serta ibu mertua RZ Ruslaini Suko.

"RZ paling ramai tamunya, disamping keluarga serta kerabat-kerabat yang di Jakarta. Dan rata-rata tamu RZ bawa makanan, seperti lontong dan lainnya, sehingga makanan di bagi-bagi buat keluarga yang besuk lainnya," katanya.

Menurut dia, RZ menyampaikan salam khusus untuk seluruh masyarakat Riau yang disampaikannya dari dalam tahanan KPK.

"Beliau menyampaikan salam ke masyarakat Riau, dan mohon maaf lahir batin," ujar Zulkarnain menirukan pesan dari RZ.

Menurut dia, RZ terlihat segar dan sehat didalam tahanan. Pria asal Indragiri Hilir itu menerima tamu-tamunya dengan mengenakan baju lengan panjang warna putih yang dipadukan dengan celana bahan warna hitam dan kopiah.

Menurut dia, selama ditahanan untuk mengisi waktu, khususnya di bulan Ramadhan lalu, RZ lebih banyak beribadan dan berulangkali menamatkan (khatam) membaca Al Qur'an.

"Yang jelas beliau dalam keadaan sehat dan banyak beribadah, sampai sudah dua kali khatam Al Qur'an," katanya.

Ia menambahkan, saat Lebaran RZ menjalankan ibadah shalat Ied bersama tahanan lainnya di LP Cipinang, Jakarta Timur.

Sebelumnya, KPK menahan RZ sejak 14 Juni 2013. RZ menjadi tersangka dua kasus sekaligus, yakni dugaan suap PON XVIII Riau dan korupsi kehutanan.