Rutan Siak gagalkan aksi wanita selundupkan Sabu dalam sayur ubi

id Sabu, rutan Siak, sayur, selundupkan,Sabu siak, narkoba siak

Rutan Siak gagalkan aksi wanita selundupkan Sabu dalam sayur ubi

Barang bukti selundupan sabu di Rutan Siak dan pelaku yang membawanya (tengah). (ANTARA/HO-Rutan Siak)

Siak (ANTARA) - Seorang wanita inisial RS ditahan oleh petugas pintu utama Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Siak karena mencoba menyelundupkan narkotika jenis sabu, Jumat.

Aksi RS ketahuan saat petugas Rutan memeriksa paket bawaannya yang akan diberikan kepada salah satu warga binaan permasyarakatan inisial SS.Paket itu berupa makanan dan lauk-pauk dan sayur.

Petugas memeriksa tiap bungkus paket tersebut dan menemukan dua bungkus paket kecil sabu terbungkus plastik bening dalam sayur pucuk ubi.

"Kejadiannya sekitar jam 11.30 WIB datang seorang wanita hendak menitip barang yang ditujukan kepada warga binaan. Setelah dilakukan pemeriksaan secara teliti, ternyata petugas menemukan narkotika yang diduga jenis sabu di dalam bungkus pucuk ubi rebus," kata Kepala Rutan Kelas II B Siak, Tonggo Butarbutar dalam keterangannya.

Atas temuan itu, RS ditahan pihak Rutan dan dilakukan pemeriksaan awal oleh Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan (KPR), Ralphy Prasetyo. Pihak Rutan Siak juga memeriksa warga binaan SS untuk dimintai keterangan.

Baca juga: Sabu hampir sekilo dan 3,7 kg ganja dimusnahkan Polres Siak

Selanjutnya, pihak Rutan Siak menyerahkan RS dan SS kepada aparat Satuan Reserse Narkotika dan Obat-Obatan Terlarang Kepolisian Resor Siak.

"Pelaku kita serahkan ke Polres Siak untuk pemeriksaan lebih dalam. Beruntung kali ini petugas kita dapat menangkap pelaku penyelundupan ini. Hal ini tentu merupakan wujud komitmen kami dalam memberantas narkoba, yang juga merupakan bagian dari tiga kunci pemasyarakatan maju sesuai arahan Dirjen Pemasyarakatan," ujar Ralphy.

Baca juga: Warga Medan terangkap basah edarkan sabu bersama warga Siak Hulu