Pilkades serentak di Inhu, ini pesan bupati

id Bupati minta masyarakat sukseskan pilkades,Pilkades inhu, pilkades

Pilkades serentak di Inhu, ini pesan bupati

Rezita Meylani minta semua pihak sukseskan pilkades (Rezita Meylani minta masyarakat sukseskan pilkades)

Rengat (ANTARA) - Bupati Indragiri HuluRezita Meylani meminta masyarakat, simpatisan, panitia pelaksana mendukung penuh proses Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2021.

Permintaan itu disampaikan oleh Reza Meylani pada saat membuka acara simulasi pertama Pilkades yang digelar di Aula Kantor Desa Sersam Seberida, Kamis.

Pada acara tersebut, Rezita Meylani berharap agar semua berjalan lancar, pihak panitia pelaksanaan harus bersikap profesional dalam setiap tahapan pelaksanaannya.

"Karena Pilkades itu memilih pemimpin, jadi yang benar - benar bisa membawa perubahan," katanya.

Perubahan menuju masyarakat yang lebih sejahtera, mandiri, namun agar terwujud semua itu, berawal dari kegiatan ini. Pilkades adalah sebagai sebuah proses demokrasi yang menyejukkan demi mewujudkan hasil yang berkualitas.

"Yang benar - benar sesuai harapan semua pihak, khususnya masyarakat," tegasnya.

Ketua PanitiaPilkades serentak 2021, Riswidiantoro, dalam sambutannya menyebutkan, pelaksanaan Pilkades Kabupaten Indragiri Hulu Tahun 2021 merujuk pada aturan yang ada yakni mengacu pada empat dasar hukum.

Dasar hukum itu yakni, Undang - Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa, Permendagri Nomor 112 Tahun 2014 Tentang Pilkades diubah dengan aturan Permendagri Nomor 72 Tahun 2020, Perda Nomor 1 Tahun 2019, dan Peraturan Bupati Nomor 40 Tahun 2019 sebagaimana yang telah diubah dengan Peraturan Bupati Nomor 3 Tahun 2021 Tentang Penerapan Protokol Kesehatan.

"Pelaksanaan simulasi pemungutan dan perhitungan suara Pilkades merupakan langkah terakhir dalam tahapan itu," sebutnya.

Tahapan simulasi, akan dilaksanakan sebanyak tiga kali, pertama sekaligus pembukaan yang dilaksanakan pada Kamis (29/7), dilaksanakan secara tertutup

Simulasi kedua akan dilaksanakan, Kamis ( 5/8) di Desa Petalongan, Pasir Penyu secara outdoor, dan simulasi terakhir akan dilaksanakan di Desa Bukit Selanjut, Kelayang.

Baca juga: Tahapan Pilkades di Meranti, kelengkapan berkas calon kades masih diteliti

Baca juga: Pemilihan kepala kampung di Siak digelar Oktober 2021