92 calon bertarung pada 32 Pikades serentak di Siak

id 92 calon kades, pilkades serentak 2023, Kabupaten Siak

92 calon bertarung pada 32 Pikades serentak di Siak

Pelaksanaan Pilkades serentak di Kampung Langkai, Kecamatan Siak, Kabupaten Siak,, Provinsi Riau ditinjau Sekda Siak, Arfan Usman. (ANTARA/Bayu Agustari Adha)

Siak (ANTARA) - Sebanyak92 orang calon bertarung pada 32 pemilihan penghulu (kepala desa) atau Pilkades serentak tahun 2023 yang tersebar pada 13 kecamatan di Kabupaten Siak, Provinsi Riau, Rabu.

Wakil Bupati Siak, Husni Merza mengatakan pihaknya sempat memantau pelaksanaan pemungutan suara pada dua tempat pemungutan suara di Kampung Teluk Merempan, Kecamatan Mempura. Menurutnya, proses pemungutan suara di sana berjalan lancar.

"Antusias dari masyarakat juga tinggi, pada pukul 10.00 WIB sudah lebih dari 50 persen dalam daftar pemilih yang sudah menggunakan hak pilihnya," katanya.

Sejauh ini, lanjutnya, juga belum ada kendala teknis atau pun gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat. Begitu juga dengan adanya pelanggaran ataupun politik uang dari masa tenang hingga hati pemungutan.

Oleh karena itu, dia berharap pelaksanaan pilkades ini dapat berakhir dengan baik hingga pelantikan. Apalagi Siak juga mendapatkan bantuan pengamanan dari Shabara dan Brimob Kepolisian Daerah Riau serta dari Kepolisian Resor setempat dan jajaran.

"Bagi yang terpilih agar dapat membawa kampungnya dengan lebih baik, membantu pemerintah kabupaten, provinsi dan nasional untuk memajukan dan mensejahterakan masyarakat," harapnya.

Pada lain kesempatan, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Siak Arfan Usman juga meninjau proses pemungutan suara tepatnya di TPS 1 Kampung Langkai, Kecamatan Siak. Dia mengatakan, sebelumnya semua calon yang ikut bertarung, telah melakukan deklarasi damai, siap menang dan siap kalah.

Sekretaris Camat (Sekcam) Siak, Mardani menambahkan untuk Kecamatan Siak hanya satu kampung yang ikut pilpung serentak tahun 2023 ini, yakni Kampung Langkai. Di Kampung Langkai, sebanyak 4 TPS yang disiapkan untuk masyarakat memberikan hak suaranya.

"Jumlah DPT Langkai ini sebanyak 2.045 orang, ada empat TPS dan ada lima calon penghulu yang bertarung," ujar Mardani.