32 desa di Siak gelar pilkades serentak di Oktober 2023

id Pilkades Siak Riau, pilkades serentak, Siak, Riau

32 desa di Siak gelar pilkades serentak di Oktober 2023

Sekda Siak, Arfan Usman ketika memberikan arahan kepada panitia pemilihan penghulu/kepala desa yang akan menggelar pilkades serentak pada Oktober 2023 mendatang. (ANTARA/HO-Pemkab Siak)

Siak (ANTARA) - Sebanyak 32 desa yang tersebar di 13 kecamatan se-Kabupaten Siak bakal menggelar pemilihan kepala desa serentak pada 20 Oktober 2023 dengan 106 orang sudah ditetapkan sebagai calon kepala desa.

Sekretaris Daerah Kabupaten SiakArfan Usman, Senin, meminta penyelenggara untuk menjaga netralitas dengan menciptakan situasi kondusif, aman, tenteram, damai untuk menghindari terjadinya perpecahan, serta menjaga kekompakan dan persaudaraan.

"Kami yakin dan percaya bahwa saudara-saudara yang menjadi panitia pemilihan kepala desa adalah orang-orang pilihan yang dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya. Selalumenjaga netralitas dalam melaksanakan tugas di desa," katanya.

Dia mengatakan masih ada lima catatan permasalahan dalam penyelenggaraan pilkades serentak selama ini . Pertama, permasalahan daftar pemilih tetap (DPT) belum terdata dengan baik sehingga yang mempunyai hak suara tidak bisa memberi suara/pilihannya.

Selanjutnya, pemilihan dengan konflik lokal yang bersifat horizontal, serta pemakaian media sosial kurang bijak bagi calon dan pendukung. Kemudian, permainan politik uang, bahkan semakin menonjol melalui “kontrak politik” dengan kelompok masyarakat.

"Misalnya melalui komunitas, tingkat RT secara kolektif menyampaikan daftar permintaan kepada kandidat calon kades. Lalu pada pilkades serentak terdahulu masih terdapat calon kades berkampanye di hari masa tenang," ujarnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Kabupaten Siak Arifin mengatakan sebanyak 106 para calon kepala desa sudah ditetapkan 21 Juni 2023. Namun saat ini masih ada seleksi tambahan bakal calon di empat desa

"Total balon penghulu (kades) mengikuti seleksi tambahan sebanyak 31 orang. 6 orang dari Desa/Kampung Tanjung Kuras, Kecamatan Sungai Apit, 10 orang dari Desa/Kampung Tualang Timur, 8 orang dari Desa/Kampung Pinang Sebatang Timur Kecamatan Tualang, dan 7 orang dari Desa/Kampung Langkai Kecamatan Siak," ucapnya