37 Pilpung serentak 37 di Siak, kampanye dimulai

id Pemilihan penghulu. Siak. Logistik. Kampanye.,Pilkades, pilpung, siak

37 Pilpung serentak 37 di Siak, kampanye dimulai

PLT Kadis DPMK Siak, Budhi Yuwono.(ANTARA/Bayu Agustari Adha)

Siak (ANTARA) - Logistik Pemilihan Penghulu/Kepala Desa untuk 37 kampung/desa di Kabupaten Siak mulai disalurkan ke kecamatan untuk kemudian diberikan ke masing-masing desa terkait helatan yang akan digelar 11 November nanti.

"Tahapan saat ini distribusi logistik ke kecamatan lalu ke kampung termasuk surat suara sudah dicetak untuk melaksanakan pilpung serentak 37 kampung di Siak," kata Pelaksana Tugas Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Kabupaten Siak, Budhi Yuwono, Kamis.

Dia mengatakan pihaknya hanya mendistribusikan surat, bilik dan kotak suara. Untuk bilik dan kota suara itu dipinjam dari Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Siak, sedangkan logistik lain seperti tinta disediakan masing-masing kampung.

Untuk kampanye juga sudah mulai dilakukan Kamis ini 4 November hingga Sabtu (6/11) selama tiga hari. Sekitar 140an calon tersebut berkampanye dengan format pertemuan terbatas menerapkan protokol kesehatan.

"Kampanye pertemuan terbatas dalam ruangan 50 persen kapasitas, pembagian tempat kampanye tergantung kampung masing-masing," imbuhnya.

Dengan telah dimulainya distribusi ini dia mengharapkan 11 pemungutan suara nanti bisa berjalan lancar. Kepada masyarakat yang di kampungnya ada pilpung agar dapat memberikan hak suaranya.

Selain itu kepada perusahaan diharapkan agar dapat memberikan dispensasi kepada petugas maupun karyawan di 37 kampung itu. Hal tersebut memberikan kelonggaran baik bagi penyelenggara maupun pemilih.

"Pelaksana pemilihannya KPPS yang dipilih kampung, mungkin ada beberapa yang pernah jadi KPPS yang dibentuk Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Siak waktu pemilihan kepala daerah ataupun legislatif. Kalau panitia besarnya tingkat kabupaten itu di kita DPMK," ungkap pria yang juga Asisten I Sekretariat Pemerintah Kabupaten Siak ini.