470 aparat amankan 32 Pilkades Serentak di Siak

id Ratusan personel kepolisian, Pilkades serentak 2023, Pilpung Siak 2023

470 aparat amankan 32 Pilkades Serentak di Siak

Kapolres Siak, AKBP Asep Sujarwadi ketika memimpin apel gelar pasukan dalam rangka pengamanan pilkades serentak di 32 kampung di Kabupaten Siak. (ANTARA/HO-Polres Siak)

Siak (ANTARA) - Sebanyak 470 personel kepolisian melakukan pengamanan pada 98 tempat pemungutan suara (TPS) pada 32 kampung/desa yang melaksanakan pemilihan penghulu/kepala desa (pilpung/pilkades) di 13 kecamatan di Kabupaten Siak.

“130 personil melekat di TPS dan sisanya kita siagakan di setiap kecamatan untuk mendukung pengamanan selama proses pilkades berjalan,” kata Kepala Kepolisian Resor Siak, AKBP Asep Sujarwadi saat memimpin apel pergeseran pasukan dalam rangka pengamanan pilkades tahun 2023, Selasa.

Ratusan personel gabungan berasal dari Polres dan kepolisian sektor jajaran serta bantuan dari Brimob dan Dit Samapta Kepolisian Daerah Riau. Semuanya akan bertugas pada hari pemilihan pilkades serentak, Rabu (20/9).

Lebih lanjut Kapolres memberikan beberapa penekanan dalam pelaksanaan pengamanan nanti. Di antaranya melaksanakan tugas dengan ikhlas dan sungguh-sungguh. Apabila ada kejadian di wilayah pengamanan masing-masing pada kesempatan pertama laporkan secara berjenjang.

“Pilkades ini tidak ada berhubungan dengan komisi pemilihan umum dan badan pengawas pemilu. Segala permasalahan yang ada di tps akan diselesaikan langsung oleh badan permusyawaratan desa beserta unsur-unsurnya. Oleh karena itu apabila terjadi masalah, anggota khususnya perwira untuk membantu menyelesaikan," tegasnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (desa) Kabupaten Siak, Arifin mengatakan pilpung Serentak akan diikuti 92 orang calon penghulu dari 32 kampung yang tersebar di 13 Kecamatan. Sebelumnya pada 14 - 16 September 2023 sudah dilakukan masa kampanye.

"Sekarang 17- 19 September merupakan masa tenang dan pendistribusian logistik pilpung ke setiap Kampung. Sementara untuk pencoblosan atau pemungutan suara ditetapkan Rabu besok. Selanjutnya, ditanggal 21-22 September merupakan masa sanggah," terangnya.

Dia menambahkan telah dilaksanakan Penandatanganan Deklarasi Damai pilpung Serentak Siak tahun 2023. Itu dihadiri Wakil Bupati Siak, Husni Merza, Sekretaris Daerah Arfan Usman dan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Siak.