Pemkab Inhu Jadwalkan Pilkades Serentak Desember Mendatang

id pemkab inhu, jadwalkan pilkades, serentak desember mendatang

Pemkab Inhu Jadwalkan Pilkades Serentak Desember Mendatang

Rengat (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau akan menggelar Pemilihan Kepala Desa serentak pada Desember 2017 di 55 desa yang siap untuk melaksanakan kegiatan itu, yang akan dikawal oleh ratusan personil Kepolisian.

" Saya berharap semua akan berjalan lancar tanpa ada konflik," kata Kapolres Indragiri Hulu AKBP Arief Bastari di Rengat, Senin.

Kapolres optimis prosesi Pilkades bakal berlajan baik, hanya saja diprediksi bakal terjadi konflik ringan khususnya di 11 desa di Indragiri Hulu karena khawatir ada pengarahan massa oleh oknum tertentu untuk memenangkan salah satu calon.

Berdasarkan data, pesta Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 9 Desember bulan depan justru lebih rumit dari Pemilihan Gubernur Riau (Pilgubri) tahun depan, jajaran kepolisian akan bekerja maksimal untuk membantu kesuksesan kegiatan itu khususnya memberikan rasa aman.

" Sebab, dari sebanyak 55 desa yang akan melaksanakan Pilkades serentak di 14 kecamatan se Indragiri Hulu 11 desa diantaranya berpotensi rawan konflik," terangnya.

Menurut KaPolres, pemetaan potensi rawan konflik itu sudah dilakukan dan akan diantisipasi agar kondisi aman, kondusif sehingga prosesi Pilkades berlangsung dengan baik, Tim yang bakal mengawal akan diberikan pembekalan agar siap turun kelapangan secara optimal.

" Khawatir sejumlah oknum peserta calon kepala desa mendulang suara melalui pengerahan massa," ujarnya.

Termasuk ada Calon Kepala Desa (Calkades) yang sudah mapan berstrategi politik karena yang bersangkutan pernah ikut Pilkades dan Calon Legislatif (Caleg), Pihak Polres dalam antisipasi dan penanganan konflik tersebut dengan menurunkan 3/4 dari 600 personel jajaran Mapolres Inhu.

Sedangkan kepada seluruh Bhabinkantibmas dan Kapolsek digelar konsolidasi yang dipimpin langsung Kapolres di Mapolres Inhu, Senin (13/11), sebab peran aktif mereka sangat dibutuhkan dalam menciptakan Pilkades yang nyaman dan tertib.

" Kami juga menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap menjaga kondisi kondusif," pinta Kapolres.