Tiga pelajar Kepulauan Meranti lolos Paskibra tingkat Provinsi Riau

id paskibra, paskibra riau,paskibra meranti,paskibraka, paskibraka riau

Tiga pelajar Kepulauan Meranti lolos Paskibra tingkat Provinsi Riau

Tim dari Provinsi Riau saat turun ke Kabupaten Kepulauan Meranti didampingi Kabid Pora Disparpora Eko Priyono untuk melakukan seleksi pelajar menengah atas menjadi Paskibra di Provinsi, beberapa waktu lalu. (ANTARA/dok)

Selatpanjang (ANTARA) - Alfa Rezi (16), Indah Safitri (17), dan Indah Safitri (14) yang merupakan pelajar menengah atas asal Kabupaten Kepulauan Meranti lolos menjadi pasukan pengibar bendera (Paskibra) tingkat Provinsi Riau tahun 2021.

Mereka lolos setelah dinyatakan terbaik dan pantas menjadi anggota Paskibra oleh tim dari Provinsi Riau. Di balik tiga orang yang lolos, ada dua orang lainnya yang dinyatakan gagal dan langsung dijadikan Paskibra tingkat kabupaten.

"Kita utus lima orang, cuma tiga yang lolos seleksi tingkat provinsi itu," jelas Kabid Pemuda dan Olahraga (Pora) Disparpora Kepulauan Meranti, Eko Priyono kepada ANTARA, Rabu (28/7).

Dua orang lainnya yang tidak lolos seleksi tingkat provinsi karena mengalami kendala pada kebolehan berbahasa Inggris. Sementara di mata uji lain, seperti pengetahuan umum, fisik, dan baris berbaris tidak ada kendala.

"Gagal di tes bahasa Inggris saja, kalau uji yang lain aman. Mereka yang tak lolos seleksi tingkat provinsi otomatis kita jadikan pasukan pengibar bendera tingkat kabupaten," beber Eko.

Baca juga: Mengenal Dwita Okta Amelia Herdian, anggota Paskibraka Nasional dari Rohul

Menurut Eko, kelemahan siswa siswi berbahasa Inggris ini sudah disampaikan di sekolah-sekolah, tahun lalu. Ia pun mengimbau ke depannya pihak sekolah harus memberikan perhatian lebih terutama pada siswa yang selalu menjadi petugas pengibar bendera di sekolah.

Karena, ketika ada seleksi Paskibra tingkat provinsi, siswa tersebut sudah siap bersaing dengan siswa lain dari 11 kabupaten kota lainnya.

"Paling tidak, bagi petugas pengibar bendera di sekolah, harus diperhatikan betul kebolehan berbahasa Inggrisnya. Kalau perlu kirim mereka ke tempat les supaya ketika ada seleksi mereka siap bersaing," ujarnya.

Eko juga mengungkapkan bahwa tidak ada siswa asal Meranti lolos menjadi pengibar bendera di pusat. Namun dengan adanya perwakilan di tingkat provinsi diharapkan mampu menjadi penyemangat siswa lain pada seleksi yang akan datang.

Dapat disampaikan juga, seleksi ditingkat kabupaten dilakukan tanggal 14 Mei 2021. Utusan dari 9 kecamatan dikumpulkan di Selatpanjang. Setelah diseleksi (oleh tim dari provinsi),diambil lima orang untuk diikutkan seleksi di tingkat provinsi.

"Hari ini (Rabu) mereka akan kita berangkatkan ke Pekanbaru untuk menjalani karantina dan berlatih di sana. Kita doakan supaya mereka selalu diberikan kekuatan dan kesehatan sehingga bisa menyelesaikan tugas menjadi Paskibra sampai selesai," ungkap Eko.

Adapun tiga pelajar yang akan mewakili Kabupaten Kepulauan Meranti di tingkat Provinsi Riau adalah Alfa Rezi dan Indah Safitri berasal dari SMAN 2 Tebingtinggi, sedangkan Indah Safitri berasal dari MAN 2 Kepulauan Meranti.