Wah, banyak ASN Pemrov Riau terpapar COVID-19

id Pemrov Riau,ASN riau terpapar covid

Wah, banyak ASN Pemrov Riau terpapar COVID-19

Gubernur Riau, H Syamsuar (dua dari kiri) saat memeriksa ketersediaan tempat tidur di Asrama Haji Riau. (ANTARA/Humas Pemrov Riau)

Pekanbaru (ANTARA) - Pemprov Riau telah menerapkan 75 persen ASN kerja dari rumah dan di kantor 25 persen, namun masih banyak pegawai yang terpapar COVID-19 baik yang bekerja dari rumah maupun di kantor. Apa penyebabnya?

"Ada beberapa OPD yang pegawainya terpapar COVID-19, walaupun sudah diterapkan WFH dan protokol kesehatan ketat di kantor masing-masing OPD. Bahkan di Dinas Kominfotik Riau terdapat 10 pegawainya positif COVID-19," kata Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (Kominfotik) Pekanbaru, Chairul Riski, Jumat.

Dia mengatakan, selain itu di Dinas BPSDM ada 15 orang positif COVID-19 dan yang terpapar COVID-19 sudah diisolasi di tempat pemerintah, ada juga yang isolasi di rumah yang layak.

Riski menjelaskan, sejauh ini penerapan WFH sudah berjalan dengan baik, jika ada yang terpapar juga di rumah dan di Kantor, bisa saja pegawai tersebut terpapar dari luar, atau bertemu dengan orang di rumah.

"Untuk itu ia menghimbau agar seluruh pegawai mematuhi protokol kesehatan yang ketat," katanya.

"Penerapan prokes sudah dijalankan di masing-masing OPD tapi perlu lebih diperketat lagi, mungkin yang terpapar COVID-19 ini bisa kena dari luar saat bertemu dengan orang, atau dari keluarga lainnya yang juga bekerja di luar.

Mirisnya, katanya lagi ada pegawai yang usianya 55 tahun sudah WFH tapi potif COVID-19, kemunkinan yang bersangkutan terpapar dari keluarganya yang juga bekerja di luar.

"Jadi kembali diimbau pegawai-pegawai di lingkungan Pemprov Riau agar kembali menerapkan protokol kesehatan. Yang WFH betul-betul dirumah, yang dikantor tetap menggunakan masker, kalau tidak perlu keluar jangan keluar. Sediakan handsanitizer di kantor kalau perlu termoghan atau alat cek suhu disiapkan lagi kalau ada tamu yang datang," katanya.

Baca juga: Stok vaksin kosong, Bupati Meranti sindir kinerja Pemprov Riau

Baca juga: Pemprov Riau tambah tiga UPT pemeliharaan jalan provinsi