Wako Pekanbaru ucapkan terima kasih pada semua elemen masyarakat ikut angkut sampah

id wako pekanbaru,sampah pekanbaru,berita riau antara,berita riau terbaru

Wako Pekanbaru ucapkan terima kasih pada semua elemen masyarakat ikut angkut sampah

Wako Pekanbaru Firdaus.(ANTARA/HO-Humas Pemko Pekanbaru)

Pekanbaru (ANTARA) - Wali Kota Pekanbaru Firdaus MT secara resmi mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi semua elemen masyarakat, yang sudah peduli membantu mengangkut dan membersihkan sampah wilayah setempat pascakrisis sampah yang terjadi awal tahun 2021.

"Terimakasih saya ucapkan kepada teman-teman di kecamatan, lurah, di dinas, tokoh masyarakat, kelompok masyarakat seperti LPM dan RT/RW,aparat yang memberi dukungan peralatan personel dalam permasalahan sampah di Pekanbaru," kata Wali Kota Pekanbaru Firdaus, MT di Pekanbaru, Selasa.

Firdaus mengatakan, pengelolaan pengangkutan sampah saat ini masih belum maksimal oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK), karena dilakukan secara swakelola. Pasalnya, proses lelang pihak ketiga dalam mengelola angkutan sampah di Pekanbaru masih berlangsung.

"Semoga partisipasi seluruh elemen masyarakat dalam menjaga kebersihan Kota Pekanbaru, tetap ada hingga pemenang tender pengangkutan sampah diperoleh," harap dia.

Firdaus salut kepedulian masyarakat saat Pemko alami masalah, di mana mereka turut terjun membersihkan Kota Pekanbaru dari tumpukan sampah yang dibuang masyarakat ke Tempat Penampungan Sementara (TPS), untuk diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Muara Fajar.

Baca juga: Krisis sampah Pekanbaru, DPRD kritik Pemda tidak belajar dari pengalaman

Wali Kota, mengakui permasalahan sampah di Kota Pekanbaru belum normal seperti biasanya. Hal itu disebabkan saat ini masih masa transisi pasca kontrak pengelola angkutan sampah berakhir pada akhir tahun 2020 lalu.

Selain keterbatasan personel, hal lainnya adalah karena keterbatasan armada angkutan sampah. Saat ini DLHK Pekanbaru terpaksa menambah armada dengan menyewa kendaraan pengangkut sampah.

"Di semua zona, kita akui itu belum cukup untuk petugas dan armada. Maka kita minta dukungan dan partisipasi semua pihak. Baik itu Camat, Lurah, Dinas, dan Organisasi masyarakat lainnya," katanya.

Ia juga mengharapkan, proses lelang pengelola angkutan sampah yang kini masih berlangsung, segera memperoleh pemenang akhir Januari.

"Semoga awal Februari 2021 pemenang lelang sudah dapat, dan mereka langsung beroperasi dalam pengelola angkutan sampah Pekanbaru," katanya lagi.

Untuk proses lelang sendiri, ada dua zona wilayah yang dilaksanakan I meliputi Kecamatan Tampan, Kecamatan Payung Sekaki dan Kecamatan Marpoyan Damai. Zona II meliputi Kecamatan Bukitraya, Kecamatan Sukajadi, Kecamatan Pekanbaru Kota, Kecamatan Senapelan, Kecamatan Lima Puluh, Kecamatan Sail dan Kecamatan Tenayan Raya.

Baca juga: Korem 031/WB gelar karya bakti atasi krisis sampah Pekanbaru

Baca juga: Krisis sampah di Pekanbaru, Wako minta pemenang lelang tuntas akhir Januari