457 personel amankan pelantikan Pj Wako Pekanbaru dan Bupati Kampar

id Sebanyak, 457, personel,amankan, pelantikan, Pj Wako,Pekanbaru, dan Bupati, Kampar

457 personel amankan pelantikan Pj Wako Pekanbaru dan Bupati Kampar

Polisi melakukan pemeriksaan bagi tamu undangan pelantikan Pj Wako Pekanbaru dan Kampar, di Pekanbaru Senin (23/5/2022). (ANTARA/Vera Lusiana)

Pekanbaru (ANTARA) - Sebanyak 457 personel gabungan kepolisian dan Satpol PP melakukan pengamanan pelantikan Pejabat (Pj) Wali Kota dan Bupati Kampar, Senin (23/5/2022) yang di gelar di Gedung Pauh Janggi, Jalan Diponegoro, Pekanbaru.

Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Pria Budi, dihubungi melalui Kabag Ops Kompol Novaldi mengatakan, saat acara berlangsung situasi dan kondisi di sekitar lokasi pelantikan aman.

"Untuk jumlah personel pengamanan ada 457 gabungan," kata Kabag Ops Kompol Novaldi di Pekanbaru, Senin.

Seluruh personel itu jelas Novaldi, terdiri dari personel Brimob, Sabara Polda, Intel Polda Intel Polda.

Kemudian, Intel Polres, Reskrim, Sabara Polres, Polsek-Polsek dan personel Satlantas serta Satpol-PP.

Untuk pelaksanaan pengamanan di lokasi jelas Novaldi, pihaknya memberlakukan sistem empat ring, mulai dari depan hingga ke dalam ruangan pelantikan.

"Ring pengamanan pelantikan dibagi empat ring," ujar Novaldi.

Sementara, Kepala Satpol PP provinsi Riau, Hadi Penandio melalui Kasi Trantibum dan Tranmas Pol PP Provinsi Riau, Ekadinata mengatakan, pihaknya bersama personel gabungan lainnya siap melaksanakan pengamanan pelantikan.

Ia menjelaskan, sebanyak 150 personel Satpol PP dikerahkan untuk membantu melakukan pengamanan.

"Personel Satpol PP dari Pemprov Riau jumlahnya 100 orang dan dari Satpol PP Pekanbaru sebanyak 50 orang," kata Nata.

Dijelaskan Nata, untuk para undangan, sesuai dengan keterangan tertulis dalam undangan, diminta hadir sebelum 15 menit acara dimulai. Selain itu, undangan yang telah disebar tersebut wajib dibawa.

Kemudian, setiap undangan yang hadir diminta tetap melaksanakan Protokol Kesehatan (Prokes) COVID-19, dengan tetap memakai masker.

Gubernur Riau Syamsuar melantik Pj Wali Kota Pekanbaru dan Bupati Kampar dilakukan setelah keluarnya surat keputusan Kementerian Dalam Negeri, yang menunjuk Muflihun sebagai Pj Walikota Pekanbaru, yang merupakan Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Riau.

Sedangkan, untuk Pj Bupati Kampar nama yang ditunjuk sesuai SK Kemendagri tersebut adalah Kamsol merupakan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Kamsol.