Korem 031/WB gelar karya bakti atasi krisis sampah Pekanbaru

id Korem 013/wb,krisis sampah pekanbaru,sampah,berita riau antara,berita riau terbaru

Korem 031/WB gelar karya bakti atasi krisis sampah Pekanbaru

Personel Korem 013/WB mengangkut sampah di Kota Pekanbaru, Selasa (12/1/2021) (ANTARA/HO-Penrem 031/WB)

Pekanbaru (ANTARA) - Komandan Korem 031/Wira Bima Brigjen TNI M. Syech Ismed S.E. M. Han memimpin apel kegiatan karya bakti, mengangkut tumpukan sampah di seputaran kota, dalam rangka menciptakan Pekanbaru bebas sampah.

Karya bakti itu diikuti oleh personel gabungan yang terdiri dari Korem 031/WB, Kodim 0301/Pbr, Yonarhanud 13/Pby, Lanud RSN Pekanbaru, Dinas jawatan jajaran Korem 031/WB, Polresta Pekanbaru, Brimobda Riau, berbagai Ormas yang ada di Pekanbaru, Anggota Pramuka unsur pimpinan tiga Kecamatan.

"Kita semua yang tinggal di Kota Pekanbaru berarti rumah kita adalah Kota Pekanbaru, jika rumah kita kotor tentunya kita berkewajiban ikut sarta membantu untuk membersihkannya," kata Danrem 031/Wira Bima Brigjen TNI M. Syech Ismed S.E. M di Pekanbaru, Selasa.

Ia mengatakan, dalam kondisi saat ini maka semangat kebersamaan digalang guna membersihkan sampah, agar Kota Pekanbaru selalu dalam keadaan bersih.

"Mengingat saat ini adalah musim penghujan tentunya tumpukan sampah dapat mengakibatkan banjir dan menimbulkan berbagai macam penyakit. Mari kita lakukan hal ini sebaik mungkin secara bersama-sama dengan saling bersinergi karena ini adalah kewajiban kita bersama," kata Danrem.

Kata dia peserta karya bakti dibagi menjadi enam kelompok yang diarahkan ke enam lokasi berbeda, yang menjadi lokasi pembersihan yaitu Jalan Sudirman, Jalan Riau, Jalan Tuanku Tambusai, Jalan Harapan Raya, Jalan Arengka dan Jalan Kiai haji Ahmad Dahlan.

Danrem yang didamping oleh Camat Sukajadi dra Rahma Ningsih juga menghimbau kepada masyarakat, untuk membuang sampah pada tempatnya dan dipilah antara sampah organik dan Non organik.

"Kebersihan Kota Pekanbaru merupakan tanggung jawab kita bersama karena Kota Pekanbaru adalah adalah rumah kita bersama. Kita berharap kota Pekanbaru dapat menjadi Kota yang bersih dan sehat," kata Danrem.

Perlu diketahui, pengangkutan sampah dan pengelolaan kebersihan di Kota Pekanbaru jadi sorotan, sejak kontrak kerjasama pengangkutan sampah dengan pihak ketiga berakhir 31 Desember 2020 karena banyak sampah tak terangkut. Sementara memasuki Januari, lelang untuk pengangkutan tahun 2021 belum juga tuntas.

Sebelumnya sejak 2018 lalu, di Pekanbaru ada dua pihak ketiga pengelola angkutan sampah yang dikerjasamakan, yaitu PT Samhana Indah dan PT Godang Tua Jaya. Kedua perusahaan ini dibagi dua zona wilayah kerja.

PT Godang Tua Jaya mengangkut sampah di Kecamatan Tampan, Kecamatan Payung Sekaki dan Kecamatan Marpoyan Damai. Sedangkan PT Samhana Indah mengangkut sampah di Kecamatan Bukitraya, Kecamatan Sukajadi, Kecamatan Pekanbaru Kota, Kecamatan Senapelan, Kecamatan Lima Puluh, Kecamatan Sail dan Kecamatan Tenayan Raya.

Sedangkan sampah di dua kecamatan lagi yakni Kecamatan Rumbai dan Kecamatan Rumbai Pesisir diangkut langsung oleh petugas dari DLHK Kota Pekanbaru.

Baca juga: TNI sampai turun tangan atasi krisis sampah di Kota Pekanbaru

Baca juga: Krisis sampah Pekanbaru, DPRD kritik Pemda tidak belajar dari pengalaman

Baca juga: Krisis sampah di Pekanbaru, Wako minta pemenang lelang tuntas akhir Januari
Pewarta :
Editor: Febrianto Budi Anggoro
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar