Usai Shalat Istisqa, Jokowi dijadwalkan terbang ke lokasi Karhutla

id Karhutla, Riau, asap, Jerebu,karhutla riau, riau berasap, jokowi ke riau, jokowi tinjau karhutla,berita riau antara,berita riau terbaru

Usai Shalat Istisqa, Jokowi dijadwalkan terbang ke lokasi Karhutla

Presiden Jokowi Salat Istisqa di komplek TNI AU Pekabaru, Selasa. (ANTARA/HO- Pemprov Riau)

Pekanbaru (ANTARA) - Hari ke dua kunjungan kerja presiden Joko Widodo ke Provinsi Riau diawali dengan menyelenggarakan salat Istisqa atau sholat memohon hujan, Selasa pagi, dan selanjutnya meninjau lokasi kebakaran hutan dan lahan.

Sholat Istisqa dilakukan di Masjid Amrullah, komplek militer Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin, Kota Pekanbaru, Riau.

Usai menyelenggarakan salat Istisqa, orang nomor satu di Indonesia tersebut dijadwalkan meninjau lokasi kebakaran. Ada dua lokasi yang disebut akan dikunjungi mantan Walikota Solo tersebut, yakni lokasi kebakaran di Desa Merbau, Bunut, Kabupaten Pelalawan yang ditempuh menggunakan jalur udara.

Selanjutnya Desa Rimbo Panjang, Kabupaten Kampar, yang berlokasi tidak jauh dari kota Pekanbaru.

"Presiden akan melakukan peninjauan di lapangan untuk mengetahui secara pasti apa penyebab kebakaran itu, apa yang sudah dilakukan, hambatan apa yang ada di lapangan," kata Menko bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto dalam jumpa pers, Senin tadi malam (16/9).

Baca juga: Karhutla Riau - Pekanbaru berasap pekat saat Presiden Jokowi shalat minta hujan

Menurut Wiranto, hal itu dilakukan untuk memutuskan upaya-upaya yang dilakukan untuk mencegah Karhutla lebih besar dan luas lagi.

Menko menjelaskan Presiden dalam rapat terbatas mengatakan pencegahan Karhutla lebih penting dibanding memadamkannya.

Menko mengatakan biaya yang harus dikeluarkan untuk memadamkan Karhutla lebih besar ketimbang upaya pencegahan.

Pemerintah akan menitikberatkan untuk mengaktifkan aparat dan perangkat di daerah untuk mencegah Karhutla.

Jokowi tiba di Pekanbaru pada Senin tadi malam sekitar pukul 18.30 WIB dan langsung memulai rapat terbatas tentang Penanganan Kebakaran Hutan dan lahan bersama sejumlah menteri terkait dan pimpinan aparat keamanan.

Baca juga: Karhutla Riau - Jokowi tegur Pemda Riau tak serius dukung penanganan Karhutla

Kabut Asap Pekat

Kunjungan kerja Jokowi di Kota Pekanbaru pada Selasa pagi diwarnai dengan kabut asap pekat. Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika BMKG Stasiun Pekanbaru Sukisno menyatakan jarak pandang di Kota Madani itu hanya sekitar 800 meter.

Sementara kualitas udara di Kota Pekanbaru yang diakses Antara melalui laman resmi BMKG mencapai 343 mikrogram per meter kubik (µg/m3) atau melampaui nilai ambang batas (NAB) harian PM10 sebesar 150 µg/m3.

BMKG mengukur kualitas udara dengan parameter kandungan PM10 (partikulat matter 10) yaitu partikel yang ada di udara berukuran di bawah 10 mikrogram sehingga bisa membahayakan bila terhirup oleh manusia.

Baca juga: Presiden tinjau langsung pemadaman Karhutla di Pekanbaru pagi ini

Baca juga: Anggota DPRD : Perusahaan pembakar hutan harus diusir dari Riau