Khairul Umam pimpinan sementara DPRD Bengkalis

id dprd bengkalis

Khairul Umam pimpinan sementara DPRD Bengkalis

Ketua DPRD Bengkalis Abdul Kadir menyerahkan palu kepada ketua sementara DPRD Bengkalis Khairul Umam usai diambil sumpah dan janji sebagai anggota DPRD periode 2019-2024. (ANTARA/Afienardo)

Bengkalis (ANTARA) - Khairul Umam dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera ditetapkan sementara sebagai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bengkalis usai diambil sumpah dan janji pelantikan anggota DPRD setempat di Gedung Cik Puan, Senin.

Selain itu juga ditetapkan Wakil Ketua sementara DPRD Bengkalis Syahrial dari Partai Golongan Karya Dapil Bengkalis 6 Kecamatan Rupat dan Rupat Utara.

Penyerahan pimpinan DPRD tersebut ditandai dengan penyerahan palu oleh ketua DPRD sebelumnya Abdul Kadir kepada Ketua sementara Khairul Umam.

Khairul Umam mengatakan, adapun tugas dan tanggungjawab pimpinan sementara telah di atur dalam peraturan Pemerintah Nomor 12 tahun 2018, pasal 34 ayat (3) yang menyatakan, pimpinan sementara bertugas sebagai berikut, memimpin rapat DPRD, memfasilitasi pembentukan fraksi, memfasilitasi penyusunan rancangan peraturan DPRD tentang tata tertib DPRD dan memproses penetapan pimpinan DPRD definitif.

“Tugas dan tanggung jawab pimpinan sementara ini, sangat membutuhkan energi yang cukup dan jalinan kerjasama yang kuat dan harmonis dari segenap anggota DPRD, termasuk di dalamnya Sekretariat DPRD Kabupaten Bengkalis,” ungkapnya.

Selain itu jabatan sebagai anggota DPRD Kabupaten Bengkalis adalah amanah yang diberikan oleh masyarakat dan harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab.

"Ada ungkapan yang berbunyi, orang amanah membawa berkah, orang amanah hidup bermarwah, orang amanah dikasih Allah,” kata Khairul.

Sambung Khairul dalam melaksanakan fungsi-fungsi kelembagaan tersebut, DPRD tidak akan mampu menjalankannya secara optimal, jika tidak dukung oleh Pemerintah Daerah dan seluruh elemen masyarakat Kabupaten Bengkalis.

“Mari kita bekerja sama dengan baik dan menjalin hubungan yang harmonis agar cita-cita yang ingin capai dapat terwujud,” ajak Ketua sementara DPRD.

Pada kesempatan itu ia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bengkalis yang telah menyalurkan aspirasinya dan memilih wakil-wakil mereka yang duduk di lembaga ini melalui pemilu yang berlangsung secara demokratis.

“Kami juga ucapkan terima kasih kepada Bupati Bengkalis Amril Mukminin, Forkompinda, KPUD, Panwaslu dan semua stakeholder yang tidak dapat sampaikan satu per satu,” ucapnya.

Baca juga: 45 anggota DPRD Inhil 2019-2024 resmi dilantik, ada 16 pendatang baru

Baca juga: Gedung DPRD Riau dikepung ribuan Mahasiswa


Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar