Tim seni Kuansing juara I parade tari se-Riau

id Tim seni Kuansing juara I parade tari Riau,parade tari Riau 2019,kuansing,berita riau antara,berita riau terbaru,pariwisata riau

Tari Kuansing (Antaranews/HO-Tim seni tari kuansing)

Kuantan Singingi Riau (ANTARA) - Tim seni Kuantan Singingi,mengharumkan seni budaya setempat karena berhasil meraih prestasi sebagai juara I Parade Tari (PT) se ProvinsiRiau di Kota Pekanbarupada pekan lalu.

" Tampilan Surak Rang Kuantan (SUK) menjadi perhatian khusus dan terbaik, akan menjadi duta Riau di Jakarta," kata wargaKuansing, Replizar di Teluk Kantan, Selasa.

Ia mengatakan, sederetan prestasi yang telah diukir oleh masyarakat Kuansing membuktikan bahwa keseriusan semua pihak mengangkat seni budaya lokal, bahhkan wujud tingginya perhatian pemerintah untuk mendukung kegiatan apa saja yang bernilai positif.

Tim seni yang tampil telah mengharumkan Kuansing, ini perlu mendapat perhatian dan reward khusus dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) agar menjadi motivasi bagi yang lainnya kedepan, jika perlu Kuansing memiliki museum khusus.

"Penghargaan itu bisa saja berupa hadiah," ujarnya.

Budayawan Riau Epi Martison, menyebutkan Surak Rang Kuantan ini merupakan karya seni yang terinspirasi dari kisah nyata Tepian Narosa, sebagai tempat wisata "Budaya Pacu Jalur " salah satu kebanggaan masyarakat setempat.

" Karya seni menghadirkan sketsa sketsa, tentang beberapa kebiasaan masyarakat di Tepian Narosa tempo dulu dan masa sekarang," terangnya.

Dulunya Tepian Narosa hanya sebagai jamban dan tempat mandi, sekaligus juga menjadi pelabuhan tempat bongkar muat hasil panen kebun, sawah, ladang dan hasil menangkap ikan para nelayan, juga sekaligus tempat curhat para emak emak.

Siapa menyangka dan siapa pula yang menduga, jika Surak Urang Kuantan (SUK), berhasil meraih Juara 1 pada Parade Tari se-Provinsi Riau,

Tim Kesenian Kuansing, juga akan menjadi Duta seni Riau mewakili Provinsi ke Tingkat Nasional, di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta

"Semoga berkah barokah, senantiasa memberkati tim kesenian Kuansing," katanya.

Baca juga: Pemkab Kampar janji perbaiki infrastruktur untuk kembangkan wisata Danau Rusa

Baca juga: Perkemahan Danau Rusa ajang promosi wisata Kampar


Pewarta :
Editor: Febrianto Budi Anggoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar