Dinas Tanaman Pangan, Kota Pekanbaru, gelar pasar pangan murah

id Berita hari ini, berita riau terkini, berita riau antara,pasar murah

Dinas Tanaman Pangan, Kota Pekanbaru, gelar pasar pangan murah

Dinas Tanaman Pangan Pekanbaru menggelar pasar murah (Antaranews)

Pekanbaru (ANTARA) - Dinas Tanaman Pangan, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, membuka pasar murah di halaman kantor tersebut yang menyediakan berbagai produk kebutuhan dapur, seperti minyak goreng, telur, bawang, cabe, sayur, beras dan lainnya.

"Pasar pangan murah tersebut dibuka untuk menstabilkan harga jelang lebaran terkait hukum pasar, tingginya permintaan maka harga akan melonjak, sehingga pasar murah ini dapat mengurnagi beban keuangan masyarakat dalam mengisi kebutuhan lebarannya," kata Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Drs H. Mohd Noer, MBS SH MSi di sela membuka secara resmi pasar murah tersebut di Pekanbaru, Selasa.

Baca juga: Bulog Gandeng Polda Riau Gelar Pasar Murah

Menurut dia, jelang lebaran permintaan terus meningkat dan tentu ahrga juga meningkat sehingga ibu-ibu rumah tangga cenderung menghemat pengeluaran hingga selisih Rp1000 pun sudah dinilai cukup besar.

Ia mengatakan, dengan dibukanya pasar murah ini, mak-mak tentunya bergairah untuk berbelanja, sebab perbedaan harga yang Rp1.000 itu jika dikalikan 10 macam produk maka akan hemat Rp10 ribu.

"Keberadaan pasar ini sangat membantu dan mengurangi beban keuangan masyarakat sehingga mereka juga bisa membeli banyak dan beragam kebutuhan lainnya," katanya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Pekanbaru, DR. Hj. Mutia Eliza, mengatakan keberadaan pasar pangan murah sekaligus mengantisipasi beberapa komoditas pangan agar tidak terjadi lonjakan dengan menyediakan pangan pokok strategis dan harga terjangkau.

Untuk pengadaan produk di dalam pasar pangan murah yang dibukas atu hari itu, katanya menyebutkan, Distan Pekanbaru menggandeng vendro di antaranya lotte mart, Bulog Riau Kepri, dan kelompok tani.

"Ibu-ibu silahkan berbelanja di pasar pangan murah yang menyediakan beras jenis Anak Daro (Sumbar) Rp1.400/kg, beras bulog Rp10 ribu/kg, minyak goreng Rp11 ribu liter, telur ayam ras Rp35 ribu per tikar, daging kerbau beku Rp80 ribu/kg, dan lainnya," katanya.

Pasar murah ini, katanya lagi, juga menyediakan bubuk susu kambing ottawa, sayur mayur, cabe, bawang merah dan putih, juga produk industri rumahan berupa aneka baso ayam dan daging sapi, kripik singkong, peyek kacang, jengkol Rp300 per butir, kacang sayur, kacang telur atau sejumlah kue-kue lebaran.

Mutia menambahkan, kendati hanya dibuka untuk satu hari saja, namun Distan Kota Pekanbaru juga menyediakan Outlet Puan Berseri, yang bergerak di bidang pemasaran usaha pangan bersama secara lestari berada di dalam gedung Dinas Pangan Kota Pekanbaru, di Jalan Cut Nyak Din.

"Warga Kota Pekanbaru akan makin gampang berbelanja karena juga dibuka outlet layanan mopang atau motor pangan yang bisa ditelpon dan barang yang dibeli bisa diantar sampai alamat dengan ongkos kirim disesuaikan dengan gojek," katanya

Baca juga: Pertamina gelar pasar murah elpiji 13 kali penuhi pasokan Ramadhan

Baca juga: BPJS Ketenagakerjaan Gelar Pasar Murah di 3 Lokasi Riau ini, Harganya Diskon 50 Persen