Bupati Rohil resmikan Puskesmas Pembantu yang dibuat warga

id Pustu,puskesmas

Bupati Rohil resmikan Puskesmas Pembantu yang dibuat warga

Bupati Rokan Hilir, Suyatno bersama tokoh masyarakat Pulau Halang, Tua Pui Hok atau Kasdi Taman melakukan penandatanganan prasasti tanda diresmikannya Puskesmas Pembantu (Pustu) Pulau Halang di Kepenghuluan Pulau Halang Muka, Kecamatan Kubu Babussalam pada Selasa (21/5/2019). (ANTARA News/Dedi Dahmudi)

Rokan Hilir (ANTARA) - Bupati Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau, Suyatno meresmikan Puskesmas Pembantu (Pustu) Pulau Halang di Kepenghuluan Pulau Halang Muka, Kecamatan Kubu Babussalam.

"Kami atas nama pemerintah daerah menyampaikan terima kasih banyak kepada Bapak Tua Pui Hok atau Kasdi Taman yang telah membangun Pustu Pulau Halang ini," kata Suyatno saat acara peresmian Pustu Pulau Halang di Kepenghuluan Pulau Halang Muka, Kecamatan Kubu Babussalam, Selasa (21/5).

Peresmian Pustu Pulau Halang itu ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Rokan Hilir Suyatno bersama Kasdi Taman, dan dilanjutkan pengguntingan pita oleh istri Kasdi Taman didampingi Direktur RSUD DR. RM Pratomo Bagansiapiapi Tribuana Tungga Dewi.

"Saya terus terang di hadapan bapak (Kasdi Taman) saya curahkan hati saya, sebenarnya kami malu terhadap bapak dan keluarga membangun Pustu Pulau Halang ini," kata Bupati.

Beberapa kali, lanjut Suyatno, Kepala Dinas menghadap dirinya dan belum mengizinkan ingin membangun Pustu Pulau Halang. Karena menurut dia, adalah tanggung jawab pemerintah daerah terhadap pembangunan Pustu tersebut.

"Itu yang menjadi pikiran saya. Apa nggak malu pemerintah daerah sementara putra terbaik Pulau Halang ini membangun sebuah Pustu. Ini pukulan bagi kami, tamparan bagi kami. Tapi saya langsung introspeksi diri, mudah-mudahan niat baik bapak beserta keluarga diridhoi oleh Tuhan Yang Maha Kuasa," kata Suyatno di hadapan Kasdi Taman dan tamu undangan lainnya.

Bupati berharap kepada masyarakat Pulau Halang Muka, Pulau Halang Belakang dan Pulau Halang Hulu untuk dapat bersama-sama merawat Pustu yang telah dibangun oleh putra terbaik Pulau Halang tersebut.

Selain itu Suyatno juga merasa bangga dan salut karena selain Pustu Kasdi Taman juga telah membangun Masjid Taqwa di Kepenghuluan Pulau Halang Muka.

"Saya malam tadi buka puasa di Masjid Taqwa, sahur di sana dan sholat berjamaah, ini luar biasa. Kemarin beberapa bulan yang lalu saya kemari juga itu Masjidnya belum ada kelihatan, semalam sore saya ke sini Masjidnya sudah berdiri, luar biasa," ucapnya.

Bupati kembali menyampaikan apresiasi dan terima kasih banyak kepada Kasdi Taman yang nantinya juga akan membangun infrastruktur jalan dari Pulau Halang Hulu sampai ke Pulau Halang Muka.

"Kami juga tidak diam dan tetap membantu bapak beserta keluarga dan masyarakat yang ada di Pulau Halang ini. Memang dengan kondisi APBD Rokan Hilir yang dulunya Rp2,7 triliun sekarang tinggal Rp1,6 triliun. Jadi, untuk program pembangunan itu sangat sedikit sekali. Untuk pemerataan pembangunan yang kita bagi kue APBD ini di 18 kecamatan itu mungkin kita lihat yang prioritas saja, karena uang kita sedikit," sebut dia.

Pulau Halang ini menurut Suyatno, memang terkenal dengan kelompok nelayan. Masyarakat semuanya mayoritas nelayan dan sebagian kecil di daerah daratan hanya berladang.

"Tapi kebahagiaan sudah nampak, pembangunan sudah nampak di Pulau Halang ini. Ya mudah-mudahan kita tingkatkan lagi," kata Suyatno.