Calon ini programkan satu kampung satu Pustu

id Alfedri, bupati siak, pilkada siak

Calon ini programkan satu kampung satu Pustu

Alfedri ketika berkampanye. (ANTARA/Bayu Agustari Adha)

Siak (ANTARA) - Calon Bupati SiakAlfedri menyampaikan dirinya akan terus berupaya memperpendek jarak warga dengan fasilitas kesehatan dengan menargetkan satu kampung (desa) setidaknya mempunyai satu Puskesmas Pembantu (Pustu) untuk melayani kebutuhan masyarakat.

"Kita tidak mau lagi ada ibu-ibu mau melahirkan terlantar sebab jarak tempuh dari rumahnya ke faskes sangat jauh. Karena itu kita berupaya keras mendekatkan faskes ke masyarakat," kata Alfedri, Senin.

Saat ini, kata dia sudah ada 97 kampung yang mempunyai pustu. Secara berangsur setiap tahun ditambah dengan biaya Anggaran Pendapatan Belanja Negara dan Dana Alokasi Khusus.

Pada 2019, lanjutnya ada enam Pustu yang dibangun Pemerintah Kabupaten Siak. Pustu tersebut berada di kampung Lalang, Kecamatan Aungai Apit, Sungai Tengah Kecamatan Sabak Auh, Banjar Seminai Dayun, dan Sialang Sakti dan Teluk Lancang di kecamatan Mandau.

Saat ini masih banyak terjadi dua kampung digawangi satu pustu.Di pustu kampung padat penduduk direncanakan menempatkan dokter minimal satu orang.

"Saat ini standbysatu bidan dan satu perawat. Jika ada bidan masyarakat tidak ada lagi yang terlantar jika mau melahirkan," sebut dia.

Sementara itu jumlah Puskesmas di kabupaten Siak sebanyak 15 unit dari 14 kecamatan. Masing-masing kecamatan mempunyai satu Puskesmas kecuali kecamatan Tualang mempunyai dua Puskesmas.

"Puskesmas di Tualang terdapat di kampung Tualang dan kelurahan Perawang. Rencana kita tahun ini tambah ditambah saru Puskesmas di kecamatan Sungai Apit, yakni di kampung Mengkapan," ungkap cabup petahana ini.

Sedangkan Rumah Sakit sudah ada enam. Pertama Rumah Sakit Umum Daerah Tengku Rafian Siak, tiga RS di Perawang, Kerinci Kanan dan Minas. Pada 2021 juga dibangun RS di kecamatan Kandis dan Sungai Apit.