Chevron bangun pustu plus bantu pulihkan Sigi

id pustu plus,chevron bantu pustu plus,pustu plus pulihkan sigi

Chevron bangun pustu plus bantu pulihkan Sigi

Kegiatan peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan puskesmas pembantu (Pustu) Plus Desa Medana, Kecamatan Tanjung, di Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat, pada Senin (30/9/2019) yang dibangun PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) menggandeng Yayasan Dompet Dhuafa. (Foto/Dok. Yayasan Dompet Dhuafa)

Semarang (ANTARA) - Perusahaan minyak dan gas bumi asal Amerika Serikat, Chevron membangun pukesmas pembantu (Pustu) plus yang pertama di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah guna membantu upaya pemulihan gempa bumi dan tsunami.

Lokasinya di Desa Beka, Kecamatan Marawola, Kabupaten Sigi, sekitar 20 km sebelah selatan Kota Palu. Fasiltas kesehatan tingkat pratama tersebut akan menyediakan layanan dokter, perawat, dan bidan di satu lokasi sehingga berbeda dibandingkan layanan Pustu pada umumnya, berdasarkan informasi tertulis yang diterima Antara di Semarang, Kamis.

Pembangunan Pustu Plus tersebut merupakan bantuan pemulihan pasca bencana gempa bumi dan tsunami yang melanda Sulawesi Tengah pada tahun lalu.

Dana pembangunannya berasal dari sumbangan para karyawan dan perusahaan Chevron yang beroperasi di Riau, Kalimantan Timur, dan Jakarta. Chevron merupakan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) dari Pemerintah Indonesia dalam kegiatan usaha hulu minyak dan gas bumi.

Sumbangan yang terkumpul kemudian ditambahkan dengan jumlah yang sama oleh Perusahaan, atau dikenal dengan skema matching fund.

”Meski berjarak ribuan kilometer, karyawan kami turut merasakan kesedihan yang dialami saudara-saudara kita di Sulawesi Tengah ketika terjadi bencana gempa bumi dan tsunami. Sumbangan ini merupakan wujud empati karyawan Chevron untuk membantu masyarakat Sulawesi Tengah agar segera bangkit kembali," tutur Sr. Vice President Corporate Affairs Chevron Wahyu Budiarto.

Untuk kesinambungan jangka panjang, lanjut dia, operasional Pustu Plus ini membutuhkan dukungan dari Pemkab Sigi, terutama Dinas Kesehatan, melalui penyediaan tenaga kesehatan yang diperlukan, pengelolaan dan pemeliharaan fasilitas secara baik. Dukungan lain juga diharapkan dari aparat desa setempat agar fasilitas ini bermanfaat secara optimal.

Wahyu Budiarto juga mengatakan, program di bidang kesehatan selaras dengan fokus program-program investasi sosial Perusahaan. Tidak hanya di Sulawesi Tengah, hasil sumbangan karyawan Chevron juga disalurkan untuk membangun fasilitas serupa di Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, yang juga mengalami bencana gempa bumi pada tahun lalu. Acara peletakan batu pertama di Lombok telah dilaksanakan pekan lalu.

Untuk pembangunan Pustu Plus di Desa Beka, Chevron menggandeng YKMI sebagai mitra pelaksana.

Pembina YKMI Muchtar Razali menyebutkan bangunan Pustu Plus dirancang dengan struktur yang ramah gempa, mudah diakses bagi penyandang disabilitas dan orang-orang berusia lanjut, serta memperhatikan prosedur standar keselamatan. Lama pembangunan diperkirakan maksimal enam bulan.

Baca juga: Lembaga Adat Melayu Riau ingin kelola migas di blok Rokan

Baca juga: Chevron bangun fasilitas kesehatan di Lombok pascagempa bumi

Baca juga: Hampir seabad kelola Blok Rokan, Chevron ingin dikenang untuk ini